Idul Adha, Happy Birthday Teman.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Asik hahaha, tumben-tumbenan banget ya gue ucap salam dipembukaan postingan blog gue ini, ya sebenernya sih gue kayak gitu karena postingan gue sekarang emang udah semestinya diawali dengan salam yang islami karena gue mau cerita tentang Iedul Adha atau bahasa yang lebih dikenal di Indonesia itu Lebaran Haji atau Idul Qurban. Sedikit aja intermezzo, jadi Idul Adha atau Lebaran Haji atau Idul Qurban itu adalah hari besar umat muslim dimana saat itu adalah waktunya untuk umat muslim yang mampu secara fisik maupun financial bisa melaksanakan rukun islam yang ke-6, sedangkan bagi yang tidak menunaikan ibadah Haji tapi tergolong sebagai khalayak yang mampu wajib ber-Qurban, boleh sapi, kerbau, unta, kambing, atau domba, dan Idul Adha hadir setiap tahunnya ditanggal 10 Dzulhijah dalam tanggalan islam, jadi gak punya tanggalan tetap di kalender masehi.

Oke sekarang mulai cerita deh ya, pas malem takbiran gue yang udah bebas tugas dari kegiatan kepanitiaan di masjid untuk jadi penjaga kambing memanfaatkan moment ini untuk hal yang sebenernya gak bagus yakni pacaran #DisambitBedug tapi yang jelas gue gak bakalan ceritain gue pacaran ngapain aja karena emang gak penting dan gak seharusnya juga gue cerita gue pacaran ngapain aja.

-skip-

Kebetulan Idul Adha itu jatuh ditanggal 6 November, dimana pada tanggal yang sama salah seorang sahabat gue berulang tahun. Waktu lagi mau pulang dari rumah cewek gue, pas gue liat handphone disana tertulis 1 New Message yang berasal dari salah seorang sahabat gue juga, dia menanyakan kebisaan gue buat ikutan ngasih surprise ke sahabat gue itu. Dengan semangat gue jelas bilang "OKE" tapi sebelum berangkat ke rumah temen gue itu gue pulang dulu ke rumah buat ganti baju.

-Fast Forward- *kayak di DVD player*


Akhirnya gue pergi ngasih surprise buat sahabat gue itu, rencana yang udah dipersiapkan secara setengah mateng akhirnya mengalami kegagalan gitu aja karena kesalahan strategi, tapi surprise tetep dilanjutkan seadanya dan sesurprisenya #Maksa selesai ngasih surprise dengan menghujani yang ulang tahun dengan telor dan terigu, maka mulailah sesi kejar mengejar dan peper memeper. Alhamdulillah gue lagi megang kue jadi gue bisa terhindar dari peper peperan dengan alesan "Eh gue lagi megang kue, ntar jatoh jangan meper-meper!" maka selamatlah gue (untuk saat itu). Tiba-tiba akal-akalan temen gue berhasil membodohi gue, dia sok-sokan baik dengan megangin kue yang lagi gue pegang, pas gue kasih ternyata dia langsung nyuruh temen gue yang ulang tahun yang dimana beliau sudah berlumuran telur dan terigut buat ngejar gue, maka dengan reflek secepat-cepatnya gue melarikan diri. Cukup jauh, tapi pas gue liat belakang ternyata temen gue itu masih ngejar-ngejar gue, sialan gue udah gak kuat lari lagi kelelahan mau gak mau jadi kena peperan juga.

Entah ada apa dengan badan gue, kalo gue lari dengan kecepatan tinggi dan mengerahkan seluruh tenaga gue tapi gue belom pemanasan atau apapun pasti hal buruk terjadi sama gue, hal buruk yang paling sering terjadi yaitu gue lemes selemes-lemesnya sampe kepengen pingsan. Dan itupun terjadi malam itu juga, gue lemes dan gue langsung terkapar tak berdaya buat ngumpulin tenaga gue lagi, beruntung gak butuh waktu lama buat gue waktu itu buat ngembaliin kekuatan gue.

-Fast Forward-

Gue sampe di rumah, tapi gue gak langsung tidur karena kaki gue terasa keram efek lari-lari tadi. Menunggu kaki gue kembali seperti semula guepun tertidur dan kayaknya gue baru aja tidur eh udah dibangunan lagi buat sholat ied, mau gak mau gue bangun dan langsung mandi, sholat subuh dan bersiap sholat ied. Lagi asik-asikan bengong menikmati mata gue yang masih ngantuk, temen rumah gue nyamper gue buat berangkat sholat ied bareng-bareng. Karena bosen nunggu beduaan akhirnya kita berdua manggil temen-temen yang lain, pas beberapa orang udah ngumpul, gue dan beberapa temen gue nunggu abang gue dan satu orang temen gue yang ternyata dia masih lagi mandi. Lama juga sih nunggu semuanya siap, dan setelah personel yang ada sudah komplit gue dan temen-temen gue berangkat ke tempat sholat.

Ada dua tempat sholat di daerah rumah gue ini, yang satu kalo keluar gang itu belok kanan, tempatnya di masjid. Dan yang satu lagi itu keluar gang belok kiri tempatnya di jalan utama yang disulap menjadi tempat sholat ied. Seperti biasa sih, gue dan temen-temen gue milih buat sholat di tempat yang di jalan utama karena tempatnya yang luas dan disana udah pasti isinya temen-temen kita semua juga jadi pada kenal. Tapi malah tak dapat ditolak, belom juga sampe di tempat sholat gue dan temen-temen gue ngeliat sebuah fenomena yang sulit untuk diterima oleh mata, gue ngeliat orang-orang yang ada ditempat sholat itu udah mulai sholat dan gue gak tau mereka udah takbir ke berapa, atau malah rakaat ke berapa. Akhirnya gue dan temen-temen gue mutusin buat muter balik dan sholat di masjid, beruntung disana belum mulai sholat dan tempatnya juga masih lowong, jadi kita bisa pilih tempat sesuka hati.

-Fast Forward-

Urutan sholat ied itu gak kayak sholat jumat yang dimana khotbah duluan baru sholatnya, tapi sholat ied itu sholat dulu baru khotbah. Gue yang berasa ngantuk banget dari awal udah ambil posisi melipir ke tembok dengan menyusun rencana jangka panjang pas khotbah gue bisa senderan dan tidur #DiguyurAirMandiKambing gue berasa tidur udah agak lama, pas kebangung khawatir temen-temen gue udah ninggalin gue sendirian disini, tapi ternyata khotbahnya belum selesai dan beberapa temen gue udah mulai ngeluh "Lama banget ini khotbahnya." ya biasalah ya anak muda kalo udah gak betah emang kebanyakan ngeluh.

-Fast Forward-

Sepulangnya dari masjid buat sholat, gue online sebentar mantau twitter siapa tau ada yang nyeleneh-nyeleneh, tapi ternyata gak ada, semua ngetwit hal yang sama. "Selamat idul adha" atau mengucapkan selamat tinggal buat kambing-kambing yang dibantai secara agama itu. Bosen, gue langsung beranjak pergi ke masjid deket rumah gue buat liat prosesi pemotongan tumpeng kambing.

Tahun ini pertama kalinya nyokap gue gak qurban kambing, melainkan kurban sapi patungan sama beberapa warga lainnya, dan pas gue liat sapi dimana nyokap gue turut serta ternyata ukuran sapinya lebih besar daripada sapi-sapi yang lain *keren* dan gue gak lupa mengabadikan sapi itu sebelum akhirnya dia menghembuskan nafas terakhirnya dan dagingnya mendarat di perut kita semua.

Tampak Samping

Tampak Miring (gambarnya yang miring)

Tampak Murung

Ya itu dia photo terakhir semasa hidupnya sapi yang dimana terdapat nama nyokap gue didalam pahala sapi tersebut. Dan gak perlu nunggu lama akhirnya giliran beliau si sapi nomor 5 dipotong tiba, dia digiring ke tempat penjagalan, dia disiapkan dan di ikat dengan tali kakinya kemudian tali ditarik ssrrraaakkk... gubraaakkk.. sapi berwarna cokelat itu tumbang, dia jatuh tersungkur dan tak mampu lagi untuk berontak melepaskan diri...

Sudah Jatuh Dipotong Pula

Kini Dia Sudah Tiada

Sapi itu sudah di eksekusi, lehernya putus tapi bukan karena digigit tikus seperti kata pak camat.

Ya semoga dengan qurban ini, pahala bagi yang berkurban dilimpahkan, ikhlas adalah kunci dalam berqurban. Yang terakhir juga gue gak lupa mengucapkan selamat Idul Adha walau udah lewat #BetterLateThanNever dan juga selamat ulang tahun untuk sahabat gue Andri Hendrawan sukses selalu teman.

Kecup Qurban,
     
CHNDW      

0 comments:

Post a Comment

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour