Ketika Aku Mengingat Semua (My Campus Life)

Skripsi ... siapa sih yang ga tau skripsi atau bisa juga disebut sebagai Tugas Akhir ini. Semua orang mesti tau skripsi terutama bagi orang-orang yang udah pernah merasakan bangku kuliah sampe lulus, baik itu D3, D4, S1, S2, S3, sampe Scream mungkin pernah rasain skripsi.

Nah gue ini merupakan salah seorang mahasiswa tingkat akhir yang baru saja melewati fase ini, bisa gue bilang fase pengerjaan skripsi ini merupakan fase paling biadab dikehidupan kuliah gue karena selama gue kuliah gue selalu merasakan betapa indahnya kuliah meskipun harus masuk pagi dan pulang malem, gak ngerasain liburan panjang karena harus ngambil SP (Semester Perbaikan) tapi itu semua gue anggep sebagai bumbu-bumbu kuliah, toh nyatanya sekalipun gue harus melewati itu semua buat gue selama ada temen-temen yang seru gak bakalan berasa berat dan kenyataannya gue gak menganggap itu semua berat karena gue punya temen-temen yang gila serunya, mereka selalu membuat hari-hari yang seharusnya ngebosenin karena kuliah jadi sangat mudah dilewati walaupun gue ngerasain itu semua cuma dari semester 3 aja.


Terus gimana nasib gue pas semester 1 dan 2?? aahh semester itu merupakan tahun pertama gue sebagai anak kampus dan rasanya bener-bener berasa goblok, semester 1 gue belom punya temen karena kampus gue itu terkenal dengan warga "You People-nya" jadi gue masih agak segan buat berteman, tapi bukan berarti gue gak punya temen sama sekali loh ya, ada gue temen kalo lagi di kampus sekedar mengisi waktu jeda, atau sekedar temen makan bareng, tapi setelah selesai jam kuliah ya gue langsung cabut pulang, ini adalah masa dimana gue disebut sebagai mahasiswa "KUPU-KUPU" (KUliah-PUlang KUliah-PUlang), ya gue alamin itu selama 2 semester atau 1 tahun. Kalo gue pikir-pikir itu karena gue yang terlalu idealis saat itu gak pernah mau berteman dengan temen-temen gue yang notabene Chinesse atau terlihat seperti Chinesse jadi gue cuman bergaul sama anak-anak pribumi aja yang ternyata, temen-temen gue yang pribumi itu lebih membuat sisi idealis gue keluar karena mereka amat sangat gaul, mereka suka keluar malem buat dugem, mereka suka jalan-jalan dengan menghabiskan dana yang cukup banyak, mereka suka kegiatan yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itulah yang membuat gue jadi kupu-kupu waktu itu karena gue gak bisa mengikuti gaya hidup temen-temen gue yang pribumi. Bayangin aja mereka ketika cuman punya duit 300rb sebulan aja udah setres dan merasa itu gak akan cukup buat seminggu, sedangkan gue?? gue harus hidup dengan uang 250rb sebulan, gimana gue bisa ngikutin gaya hidup mereka? dan jadi jelas gue cukup bersama mereka ketika ada di kampus, tapi diluar itu silahkan saja kalian menikmati kehidupan kalian.

Pada masa seperti itu membuat gue semakin menyesal karena tidak memperjuangkan harapan, masuk BiNus itu sama sekali bukan keinginan gue malahan dari SMA gue udah menyatakan diri gak akan pernah kuliah di kampus yang mengawali karir pendidikannya dari sebuah kursus komputer didalam garasi ini. Dari SMP kalo ditanya gue mau kuliah dimana dengan lantang gue bakalan menjawab UNPAD (UNiversitas  PAling Dekat) dan kalo ditanya mau ambil jurusan apa, gue mau jadi mahasiswa di FIKOM (Fakultas Ilmu KOMpor. Tapi sayang semua itu sudah berlalu, bahkan dibilang tinggal mimpipun tidak karena gue gak lagi memimpikan hal itu. Terus kenapa emangnya gue bisa sampe gagal masuk ke kampus impian gue itu? karena gue gagal membuktikan diri di SNMPTN (Seleksi Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan juga UMB (Ujian Masuk Bersama) sialnya UNPAD sebenernya membuka jalur mandiri, tapi gue terlalu banyak bermain saat itu sehingga membuat gue gak sama sekali mencari informasi akan hal itu, dan akhirnya ya beginilah gue gagal masuk kesana. Sampe sekarang gue juga masih bingung kenapa gue memilih UNPAD sebagai kampus masa depan gue waktu itu, padahal temen-temen gue yang lain mantap banget mengatakan UI, ITB, IPB, sedangkan gue cuman UNPAD. Itu karena gue yakin UNPAD adalah kampus yang bagus, buktinya udah ada dan paten jelas Megawati Soekarno Putri, dia itu lulusan kampus tersebut dan dia jadi presiden wanita pertama di Indonesia, keren kan?

Selain mengikuti SNMPTN dan UMB untuk mengincar kampus bonafit gue juga mengikuti test STAN (Sekolah Tinggi Angkutan Negara) wups maksudnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, dan supaya gue tetep bisa kuliah bokap dan nyokap gue menawarkan beberapa universitas swasta seperti Moestopo, Trisakti, dan juga BiNus. Gue pun mulai memfokuskan diri ke universitas swasta karena jujur aja gue sama sekali gak yakin masuk STAN sekalinya masuk belum tentu gue bisa keluar dengan mulus dari sana. Gue melihat kondisi dan integritas dari masing-masing univ. yang ditawarkan ke gue, Moestopo kemungkinan gue tetep pada lajur impian yakni masuk FIKOM, dan Trisakti kemungkinan gue bakalan melupakan mimpi gue masuk FIKOM kemudian masuk Manajemen, sedangkan kalo gue memilih BiNus bokap pengen banget gue masuk SI (Salah Informasi) atau KA (Kereta Api) maksudnya Komputerisasi Akuntansi. Gue semakin berpikir keras untuk masa depan gue, kalo gue masuk Moestopo Bersenggama Beragama maksudnya dan mengambil jurusan komunikasi, entah seperti apa pergaulan gue nanti, entah seperti apa kehidupan yang akan gue jalani nanti, akhirnya FIKOM Moestopo gue nyatakan failed, sekarang beralih ke Manajemen Trisakti, setelah mempertimbangkan jarak, waktu tempuh, dan biaya hidup gue kalo gue masuk Trisakti guepun dengan cekatan tidak mau masuk Trisakti, sebagai gantinya gue akhirnya menyetujui BiNus karena jarak oke lah gak perlu ngekost, biaya emang sih agak mahal tapi seenggaknya gak semahal Trisakti, waktu tempuh 20 menit kalo sepi, 30 menit kalo ramai lancar, 45 menit kalo padat merayap, 55 menit kalo macet, 90 menit kalo gue lagi males kuliah. Tapi ada sedikit masalah, gue gak mau masuk SI atau KA di BiNus, dan nyokap menyuruh gue masuk Manajemen kalo emang mau di BiNus, dan ya akhirnya gue sekarang berada disini mencoba bahagia walau jiwa dan raga tak bersedia, gue adalah seorang mahasiswa BiNus University, jurusan Manajemen Ekonomi.

Seperti yang udah gue bilang, semester 1 dan 2 gue aahh sudahlah lupakan, lalu gue masuk ke semester 3 dimana di semester ini gue udah masuk ke peminatan. Dari awal gue udah yakin banget mau masuk peminatan eBusiness, dan ternyata gue emang ditakdirkan berada disana. Awalnya masih seperti biasa gue ogah buat bersosialisasi dan gue cuman berteman dengan beberapa orang aja salah satunya adalah Adiyat, dia itu temen sekelas gue dari semester 1 jadi gak heran kalo gue udah cukup mengenal dia, kalo dia cewek mungkin udah gue pacarin, beruntung dia cowok haha.. ya setengah semester sampe UTS temen gue tetep itu-itu aja walau gue juga udah bersosialisasi yang lain tapi buat mendapatkan teman yang berkualitas itu emang perlu proses, kalo dapet temen yang berkuantitas jelas banyak karena temen gue banyak juga yang berat badannya sangat mempengaruhi rata-rata kuantitas timbangan.

Setelah UTS entah apa yang membuat kita semua menjadi bersama, mungkin takdir atau bisa juga cinta, gue dan beberapa orang teman lainnya jadi satu kesatuan dan menyebut diri sebagai suatu genk yang bernama "REMPONG" ga tau gue juga asalnya darimana ini nama walau agak ngebencong tapi yasudahlah daripada tanpa nama? toh apalah arti sebuah nama ketika sudah ada rasa sayang? karena semua panggilannya jadi sama yaitu "sayang" #Tsaah persahabatan itu semakin erat ketika kita semua harus menghadapi kenyataan kalau ini adalah kita, kita adalah satu kesatuan didalam kelas karena dari semester 3 ini sampai nanti semester 7 kita tidak akan dipecah lagi oleh kampus kecuali oleh kita sendiri setelah menyusun KRS sendiri, tapi ternyata itu gak berpengaruh apa-apa, toh akhirnya pas ngisi KRS kita milih kelas yang bareng-bareng lagi. Pada masa ini gue merasa mereka semua itu sedang menjadi orang yang sangat munafik, padahal pas awal-awal tau bakalan bareng-bareng terus sampe semester 6 beberapa dari kita bilang "bosen aja dia lagi dia lagi" tapi kok pas nyusun KRS malah milih kelas yang bareng-bareng lagi? hayo? hhahaha.

Yasudah itu cuman becandaan kok, namanya juga anak muda. Nah sekarang mau tau makhluk apa aja yang ngejogrok di kelas e-Business PFJ angkatan 2012 School of Business Management Binus University ini? Baiklah akan gue beberkan semuanya, mari di simak!!!

Jadi di kelas ini berisi dari beberapa kelompok yaitu B-Boy (Bangka Boy) a.k.a cowok-cowok anak rantau dari pulau Bangka yang kalo udah lagi ngumpul dengan sesamanya lo bakalan ngerasa roaming abis, karena mereka hanya akan bicara dengan menggunakan bahasa daerah mereka. Siapa aja anggota B-Boy ini? Dewandana, Trendy yang jarang bergaya trendi masa kini, Handry, Juniardi si komti, Robert, dan Thomas singkatan dari Thoko Emas haha bohong deng ngarang aja gue.

Kemudian yang biasa bergerombol dekat para B-Boy ini kelompok hhmm gak tau gue mereka namain diri mereka apaan random aja deh kita kasih nama jadi genknya Robet yang beranggotakan si Robet itu sendiri, FYI aja Robet yang disini beda sama Robet yang ada di B-Boy ya.. yang ini Robetnya gak pake "R" (jadi Obet dong??!!) lalu ada si Michael yang selalu melakukan Re-Tell (menceritakan kembali) kisah nyata dengan gayanya yang bisa bikin cerita itu lebih goblok dari aslinya, ada Steven (aja), Steven Phang yang kalo anak-anak bilang dia orang yang paling tau isi glodok sama roxy walau dia bukan preman di daerah sana hahaha, terus ada Novi yang wuuuu sebut aja deh dia primadonanya kelas karena emang dia doang yang paling pas buat dijadiin primadona karena seenggaknya dia bisa jadi penyemangat mata ketika ngantuk waktu jam kuliah, nah si Novi ini punya ojek langganan (Astaghfirullah jahat banget gue!) kita ralat, si Novi ini punya sahabat yang setia banget nemenin dia kemana aja, dia adalah Yeni, kemudian ada Wulan, dan Lucy.

Selanjutnya yuk mari kita berikan sambutan yang meriah untuk Genk Rempong yang beranggotakan Makibao gaul, ah maaf salah maksud gue Ditut (ini gue nyenengin dia aja gue sebut pertama biar di traktir guenya). Lalu ada pemain bernomor punggung sebelas di Chelsea yaitu Erma "Mae". Kemudian Deddy yang gak mau dipanggil Deddy jadi mari kita panggil dia beruang eh sorry Eddie maksud gue. Ada Sony kalo lo bingung yang mana yang namanya Sony? so easy guys cari saja yang paling monyong (bicara fakta tidak ada yang bisa disalahkan). Yoga nah kalo bingung juga silahkan cari cowok eh cewek eh apa ya? ya pokoknya yg paling pendek, jenong dan lebay deh. Terus ada Maria Immaculata yang namanya disingkat supaya padat bergelambir menjadi Macul. Lalu Daniel yang selalu pengen gebukin si Sony bareng-bareng sama si Starko yang memiliki nickname "Coy" kenapa jadi Coy? karena kalo Cin jadinya kayak manggil banci. Ada juga si Gondrong sang pemilik nama asli Calvin ini punya jari super cepat kalo lagi ngetik di keyboard PC (kecepatan jarinya belum terbukti di mesin tik). Dan kita punya Kalfin, supaya ga ketuker sama si Calvin "Gondrong" dia biasa dipanggil Oom, dia sih suka marah kalo dibilang mukanya kayak om-om tapi kalo dipanggil Oom ya tetep aja dia nengok. Terus ada Zahara yang pas susunya #Dzig. Terus ada Melidika dengan suaranya yang bisa bikin lo tidur kalo lo dengerin dia cerita. Ada Linda "Cici" si cewek pintar yang ga pernah mau pamer soal kepintarannya dan selalu merendah. Kemudian Fatma salah seorang mahasiswi import dari negeri Arab. Ada juga Tika cewek yang kalo diibaratin sama mobil itu dia adalah mobil sedan, ceper tapi punya kap (jidat) yang cukup jelas keliatan. Terus ada juga Adrian yang paham banget soal gadget tapi dia bukan inspektur gadget loh ya. Dan yang terakhir bersemayam juga seorang yang merupakan partner gue dari semester 1 sampe semester akhir bahkan sampe skripsi gue sama dia, my partner in class, my partner in crime, and my partner in pray, tapi partner gue juga dalam ngomongin fisik cewek sampe ekstrim, dia adalah si pervert atau master of hentai Adiyat hahaha.

Apa udah segitu aja isinya didalem kelas? jelas enggak, masih ada satu kelompok lagi yaitu kelompok anak-anak yang gaul men, langsung aja ada Putra, Gontom, Rishad, Ryan, Diaz, Anka (anak kambing) a.k.a "Mbe", Halvon, dan beberapa anak-anak lain seperti Budi, Andhika, Leon, Onggo, Hendra, Felix, juga Widya, dan Kirana yang selalu menjadi sahabat setia bersama.

Ya sekiranya itu adalah nama dan beberapa ciri dari mereka teman-teman gue di kelas e-business 2012, mohon maaf kalo ada yang gak kesebut karena gue lupa, ya namanya orang lupa kan gak inget cuy maklumin aja hahaha.

Sekarang kita udah gak lagi ada didalam kelas, sekarang kita punya kehidupan masing-masing, mengejar cita-cita, meraih mimpi masing-masing dan mencoba untuk hidup seperti apa yang pribadi inginkan. Tapi gue yakin gak akan ada fase dimana lo semua ngelupain kehidupan kita di kampus dulu, kelakuan kita di kelas dulu, dan beragam kebodohan yang sering membuat kita meluapkan tawa, mengucurkan keringat, meneteskan air mata, dan kadang gak sadar kita menjatuhkan iler serta upil bersama. Karena saat-saat kita bersama itu sudah menjadi seperti tanah air beta yang akan selalu kita kenang, kita ingat, dan mungkin akan jadi cerita menjelang tidur untuk anak atau cucu kita nanti. Bila ada waktunya kita akan kembali berkumpul membawa kesuksesan masing-masing, mengingat masa lalu, mengenangnya dan bersama kita kembali menggila dan bahagia.


Aku Chandra Dwi Putra salah seorang dari kehidupan kalian mengucapkan selamat untuk hidup kita, sukses selalu menyertai kita, dan bahagia selalu berada ditangan kita.

Salam sahabat,

CHNDW   

0 comments:

Post a Comment

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour