[VIVA.co.id] Warna Wani VIVA

Udah lumayan lama gue kenal Vivanews.com tapi gue baru sangat mengetahui vivanews itu semenjak gue follow vivanews di twitter gue, gue follow juga kok beberapa akun portal berita lain tapi seringnya bukan buat baca beritanya melainkan buat komentarin judul-judul berita yang mereka buat karena cara mereka memberikan judul itu hampir mirip seperti koran traffic light yang terkenal dengan judul beritanya yang aneh-aneh, oke gue ngerti kok itu dilakukan untuk menarik followers untuk klik link berita tersebut tapi gak semua pembaca kerajinan nge-klik link berita tersebut, kebanyakan dari mereka malah komentarin judulnya yang nyeleneh *kayak gue* atau sekedar me-Retweet dengan alasan judulnya yang nyeleneh juga. Tapi ada salah satu akun portal berita yang beda dari yang lain, adalah Vivanews, ya cara mereka membuat judul yang menarik tanpa harus membuat judul itu terlihat aneh.

Lama kelamaan gue ngerasa bodoh juga kalo komentar hanya karena judul, akhirnya gue membiasakan diri buat membaca artikelnya walau cuma satu paragraf yaitu paragraf inti, seperti kata ustadz "Bacalah walau hanya satu ayat". Sekian banyak gue membaca berita-berita di akun portal berita tentu gue bisa menilai mana yang memang berimbang dan mana yang menyudutkan pihak tertentu, dalam suatu fase dimana satu peristiwa terjadi seperti kasus kriminal, moment bahagia, kejadian langka atau apapun pasti sekian banyaknya portal berita memberitakan peristiwa tersebut. Tentu sebagai masyarakat gue gak boleh menelan mentah-mentah satu berita, dalam hal ini berita tentang kriminalitas, gue harus melihat dari sisi yang lain juga, tapi gue gak bisa melihat sisi yang lain dari peristiwa tersebut untuk menilai karena gue gak tau kejadian sebenernya maka itu gue melakukan pembandingan berita antara akun yang satu dengan yang lain. Jika gue membaca di beberapa portal berita gue bisa men-judge siapakah yang salah, lain cerita kalo gue baca berita di vivanews gue hanya benar-benar membaca berita, tanpa ada judge, tanpa menyudutkan satu pihak, ini yang gue sebut berita yang berimbang dimana sebuah berita bersikap netral dengan hanya memberitakan sebuah berita tanpa memberi derita kepada pihak lain.

Di dua paragraf di atas gue menuturkan warna Vivanews dalam memberikan artikel berita, cukup jelas kalau Vivanews wani (berani) memberikan warna yang berbeda dari yang lain dari segi pemberitaan. Seiring berjalannya waktu Vivanews membuat inovasi agar tidak monoton dengan hanya terpaku hanya dengan konten berita doang. Lahirlah Viva Forum, Viva Log, Viva Bola, Viva Life, dan yang terakhir Viva Socio. Kalo diliat dari nama anak-anak Vivanews ini kayaknya menjadi salah satu faktor yang membuat Vivanews akhirnya memutuskan untuk membuat rumah baru dengan domain baru VIVA.co.id dan dengan desain baru juga. Kini Viva hadir dengan wajah yang baru, lebih dinamis dan lebih wani (berani) dengan warna, awalnya wajah Viva didominasi oleh warna putih dengan list merah sebagai pemanisnya, kemudian di wajah baru ini mereka hadir dengan tetap konsisten menggunakan warna putih dengan warna pemanis merah, kalo pertama kali dateng berkunjung ke rumah baru Viva ini terasa sekali sedang berada di Indonesia.
Skrinsut


Kemudian kita masuk ke Viva Bola dan wah, kita akan disuguhkan wajah yang berbeda, masih dengan dominasi warna putih tapi dihiasi dengan warna hijau, ya ini sesuai dengan temanya yaitu "Bola" atau sepak bola yang identik dengan lapangan hijau. Di portal ini kita disuguhkan berita-berita dari dunia sepak bola baik dalam maupun luar negeri secara lengkap, pada Viva Bola ini kita bisa mendaftar untuk masuk komunitas tim favorite kita yang akan memudahkan kita mencari berita dari tim tersebut.
Skrinsut

Lalu geser lagi, kita masuk ke Viva Life. Biasanya yang nongkrong disini sih mungkin cewek ya karena disini ada gosip artis baik lokal atau mancanegara. Nuansa pink dengan tampilan yang tidak kaku membuat Viva Life memiliki daya tarik yang cukup besar, isi kontennya juga variatif seperti travel, video, foto, health + Sex, Food & Living, Showbiz dan juga Style.
Skrinsut

Seperti portal berita yang lain Viva juga punya portal blog, yaitu Viva Log dimana gue juga suka turut bersumbangsih mengirim artikel dari blog gue kesana, dan juga gue pernah menturut sertakan blog gue untuk ikutan lomba yang diadain disana, alhamdulillah gue gagal juara saat itu. Di portal berita lain juga ada yang seperti ini tapi kembali Viva menyuguhkan warna yang berbeda dengan anaknya yang satu ini, diberikan ciri khas warna ungu Viva Log ini memiliki visi untuk para user "Boost Your Blog Traffic" tidak sia-sia mengusung visi ini Viva Log berhasil mencapainya. Jika di portal lain kita sebagai blogger yang sudah punya blog harus kembali membuat blog di portal itu supaya bisa berkontribusi untuk portal tersebut atau hanya sekedar tempat menulis saja, di Viva Log kita gak perlu membuat lagi rumah baru, cukup dengan rumah kita yang lama sudah bisa ikut menyiarkan artikel yang kita tulis cukup dengan meng-submit url artikel di blog kita. Simbiosis Mutualisme yang sangat kental disini karena baik Viva ataupun kita selaku bloger mendapatkan keuntungan, Viva mendapatkan user yang tentu juga meningkatkan traffic dari web mereka dan blog kita juga mendapatkan traffic yang memuaskan karena artikel kita di siarkan oleh sebuah portal berita besar.
Skrinsut


Selanjutnya seperti halnya sebuah portal berita, tentu disana ada sebuah forum dimana para pembaca atau para user bisa saling sharing informasi terkini baik yang tertangkap media ataupun tidak, selain itu bisa juga saling bertukar pikiran jadi bisa saling mikir memikirkan. Banyak postingan gila dan nyeleneh di Viva Forum ini, tapi ada juga postingan cerdas dan berbobot. Debat terbuka atau debat kusir selama tidak melewati garis norma kesopanan dan hukum yang berlaku bisa dilakukan disini. Diberikan ciri warna biru membuat Viva Forum terlihat adem dan tidak membosankan.
Skrinsut

Dan anak yang terakhir dari Viva ini adalah Viva Socio yang bertujuan untuk menampung semua user Viva yang sudah memiliki akun di Viva. Disini kita bisa saling berinteraksi dengan sesama user, bisa juga untuk commerce jadi yang punya lapak dagangan bisa di promosiin disini, mirip-mirip dengan twitter hanya saja lingkupnya lebih kecil. Seperti yang lain Viva Socio juga punya ciri khas warna sendiri yakni oranye.
Skrinsut

Yes, itulah warna baru dari wajah baru VIVA.co.id yang berani, baik warna khas dari tiap portal, maupun warna berita VIVA yang berani beda dari yang lain. Setiap kita masuk ke tempat yang berbeda tentu kita harus merasa berada ditempat yang berbeda juga, itulah yang benar-benar berhasil diterapkan di wajah baru VIVA.
Syarat


0 comments:

Post a Comment

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour