Cooking Lesson

Umur gue udah 20 tahun, dan seharusnya diusia yang sekarang ini gue udah bisa melakukan banyak hal. Emang sih gue udah bisa melakukan banyak hal, tapi kata banyak itu kan memiliki arti yang tak terbatas, artinya harus bisa melakukan apapun. Jadi gue pikir gue ini belum bisa melakukan banyak hal karena emang masih ada beberapa hal yang gak bisa gue lakukan, gue baru bisa melakukan beberapa hal saja.

Salah satu hal yang gak bisa gue lakukan itu contohnya masak! ya gue punya rekor buruk dalam masak, dan kompor itu salah satu musuh gue di rumah. Oke, ini udah saatnya gue cerita..


Jadi waktu itu gue lagi bosen banget gak ada kerjaan di rumah sendirian, gue jalan-jalan ke dapur ngeliat ada beberapa bungkus bahan untuk bikin ager-ager atau jelly, maka hasrat gue mulai tergoda buat bikin sesuatu dari bungkusan bubuk jelly ini. Dengan bermodalkan nekat, ingatan ngeliatin nyokap sama feeling gue berhasil membuat seloyang jelly atau ager-ager kreasi gue, kreasi gue itu cukup ekstrim karena gue masukin apa aja yang gue liat ada di kulkas dan bisa gue masukin, kayak keju *ager-ager yang gue bikin itu rasa mocca* karena gue suka cokelat maka gue masukin juga susu kental manis cokelat biar rasanya lebih waw, waktu gue taro susu kental manis itu gue ngeliat ada susu fullcream nganggur, maksud hati biar gak iri sama susu kental manis maka gue juga masukkin tuh fullcream ke dalem adonan ager-ager gue, saat itu gue sama sekali gak mikirin apa jadinya ager-ager gue nanti.

Setelah semuanya tercampur dan gue rasa udah mateng, gue langsung tuang ke loyang terus gue taro di kulkas. Pas udah jadi, gue langsung berhasrat mencoba rasa ager buatan gue itu, gue potong sedikit dan gue icip-icip rasanya #hoeks enak kok *menghibur diri* waktu nyokap pulang gue paksa dia buat nyobain ager-ager bikinan gue, bukannya ngerasa bangga karena anaknya bisa bikin ager-ager eh dia malah ngomel-ngomel sama gue karena ternyata bubuk ager itu buat acara besok tapi malah gue pake sampe jadi ager-ager yang rasanya sukses bikin nyokap gue beneran muntah.

Ya itu salah satu kegagalan dari kesotoyan gue dalam membuat sebuah kuliner, tapi itu gak semerta-merta langsung bikin gue jatoh gitu aja, karena gue ini orang yang kuat kan ada pepatah "orang yang kuat bukan orang yang gak pernah gagal, tapi orang yang mampu bangkit setiap kali dia jatuh." keren ye? hahaha. Berbekal dari pepatah itu gue pernah kembali sotoy dengan masak Telor-Mie, atau kalo bahasa gampangnya omelet. Ya lagi-lagi bermodalkan nekat dan pernah ngeliat nyokap bikin gituan guepun mulai memasak, awalnya gue masak mie dulu gampang lah itu, terus gue kocok telornya dan kalo lo mau tau, gue ngocok telornya itu sampe setengah jam! bukan karena gak bakat ngocoknya tapi karena pas gue pecahin telornya dan masukkin tuh telor ke mangkok baut di kocok, banyak banget kulit telornya yang ngikut jadi mau gak mau gue kan harus ngeluarin kulit telor itu dulu. Singkat cerita gue mulai nuangin mie yang udah gue campur sama telor itu ke penggorengan yang sebelumnya udah gue kasih mentega, kembali gue, tapi gue mengalami kesulitan dalam membalikkan telornya, sial! alhasil hancurlah berantakan itu mie yang tadinya udah kecampur sama telor, dan hasil jadinya ya bisa kalian bayangin deh gimana jadinya #gagal

Next gue coba buat mengolah telor lagi tapi kali ini gue campur pake nugget hehe, dan gue gak mau cerita banyak hasilnya kira-kira kayak begini:

Telur Dadar Isi Nugget
Ya emang sih itu gak ancur, tapi itu cuman tampak fisik aja kalo soal rasa lidah emang gak pernah bohong, dan gue gak bisa bohong kalo nyatanya emang telor itu rasanya gak enak! Hhhh... lagi-lagi gue bisa bilang kalo gue #Gagal










Tapi disaat yang sama, gue coba bikin santapan lain buat nutupin kegagalan gue, pakanan yang gue bikin adalah:

Roti Panggang Alakadarnya
Yep, roti panggang, ini gue bermodalkan seperti biasa cuma nekat, pernah ngeliat dan hasrat. Tapiiii, kali ini pakanan yang gue bikin ini rasanya enak! sampe-sampe bokap gue pernah gue bikinin juga dan dia ketagihan hahaha, ternyata gue emang gak selamanya gagal toh?! kalo kita gak nyerah dan mau terus coba pasti ada saatnya kita berhasil kok, karena kita harus belajar dari kegagalan.







Mungkin daritadi gue cerita masakan yang gagal itu emang masakan yang tingkat kesulitannya medium lah, tapi taukah anda? kalo gue pernah ngerasain gagal waktu masak masakan yang tingkat kesulitannya very easy! tau gue masak apa? gue masak mie rebus tapi masaknya kelewat lodoh dan airnya kebanyakan, alhasil itu mie rebus kagak ada rasanya. Terus masak mie goreng, pas sih masaknya tapi gue gak bisa ngaduknya jadi gak rata dan rasanya wallahualam. Lalu selanjutnya gue juta pernah masak nasi pake rice cooker karena sampe sekarang gue juga gak tau seberapa ukuran air yang pas buat masak nasi, jadi kadang gue masak nasi kalo gak kelembekan ya kekerasan ckck. Yang paling memalukan sih waktu gue masak air, ini bener-bener memalukan karena udah masak di teko yang biasanya bunyi, gue lupa nutup tuh teko yang berakibat itu teko gak bakalan bunyi sekalipun airnya udah mateng, dan ironisnya gue lupa kalo lagi masak air! gue baru sadar pas ada bau gosong kecium di kamar gue dan gue inget kalo gue lagi masak air, pas gue tengok ke dapur itu teko yang tadinya merah berubah jadi item kegosongan dan airnya udah wassalam.

So, gak salah kan kalo gue bilang gue itu gak bisa masak? karena emang gue punya banyak rekor buruk dalam dunia masak memasak. Semoga lo semua yang baca tulisan gue ini langsung punya motivasi kayak gue untuk tidak masak air sampe angus!

Kecup masak,
    
CHNDW   

0 comments:

Post a Comment

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour