Curhat Tukang Nasi Goreng

Pasti sering kita ngeliat dijalanan atau dimanapun orang-orang yang katanya gak pernah mengenyam bangku sekolah, sekalipun pernah ya sekedar pernah ada yang cuman sampe lulus sekolah dasar (SD) atau malah SD aja kagak lulus, ada juga yang cuman sampe sekolah menengah pertama (SMP) entah yang sampe lulus atau enggak, dan kadang ada yang sedikit lebih beruntung bisa sampe duduk dibangku sekolah menengah atas (SMA) walaupun akhirnya cuman sekedar duduk-duduk aja tapi gak sampe lulus.

Apa sebenernya yang ada didalam benak kita kalo ngeliat hal-hal seperti ini? Kadang kita menganggap mereka tidak bisa sekolah seperti orang-orang lain yang beruntung bisa menyelesaikan pendidikannya sampai tinggi itu dikarenakan mereka kesulitan ekonomi. Ya emang ga bisa dipungkiri faktor ekonomi juga sangat mempengaruhi kenapa mereka gak bisa sekolah sampe tinggi, hal seperti ini sudah menjadi perhatian pemerintah sejak lama hingga akhirnya pemerintah menetapkan wajib belajar selama 9 tahun yakni 6 tahun di SD dan 3 tahun di SMP, untuk mencapai target wajib belajar itu sendiri pemerintah akhirnya membebaskan biaya SPP sekolah dari SD sampai SMP supaya gak ada lagi alesan gak mampu secara ekonomi jadinya gak sekolah. Malahan belum lama ini program wajib belajar itu bukan lagi 9 tahun tapi jadi 12 tahun yakni 6 tahun di SD, 3 tahun di SMP dan 3 tahun lagi di SMA yang membuat SMA juga dibebaskan biaya sekolahnya. Sudah jelas sekali program ini merupakan salah satu trobosan yang baik walaupun kadang-kadang efeknya jadi rada ngeselin, saking kesenengannya sekolah dari SD sampe SMA itu gratis banyak anak yang memilih untuk gak naik kelas alasannya karena pengen mendalami ilmunya jadi dia ngulang-ngulang terus minimal 2 tahun lah di satu tingkat hahaha, gak deng ini cuman becandaan aja.

Tapi pada kenyataannya tidak selamanya faktor ekonomi menjadi faktor minimnya sumber daya manusia dengan tingkat pendidikan minimal sampai SMA atau sederajat di Indonesia. Salah satu faktor lainnya adalah mental, kenapa gue bilang mental adalah salah satu faktor yang bisa gue bilang juga sangat mempengaruhi kurangnya tingkat pendidikan di Indonesia? Jadi begini ceritanya, suatu ketika *padahal baru semalem* gue beli nasi goreng di depan gang rumah gue, tukang nasi goreng itu bapak-bapak udah cukup tua sampe-sampe gue manggilnya bapak tua #gakpenting beliau punya anak sebanyak 6 kepala gak tau kalo ada anaknya yang punya kepala lebih dari satu #abaikan dan dia curhat sama gue kalo semua anaknya itu pendidikannya cuman sampe SMP, kalo baru denger ceritanya sampe sini kita pasti mikir pasti karena cuma seorang tukang nasi goreng keliling jadi susah ngebiayain anaknya buat sekolah sampe minimal SMA atau sederajat, sejujurnya gue juga mikir kayak gitu. Tapi si bapak langsung meneruskan ceritanya kalo dia sebenernya sih walaupun gak kaya tapi kalo untuk ngebiayain anak sekolah pasti mampu dan pasti diusahakan, ya namanya orang tua mana ada yang mau anaknya susah sih ya kan?!

Terus kenapa? kenapa anak-anaknya cuman sekolah sampe SMP semua? itulah masalahnya, ini tentang mental dari anak-anak itu sendiri, si bapak bilang "Anak-anak saya gak ada yang mau sekolah, jadi sampe SMP udah, gak ada yang mau lanjutin ke SMA padahal mah saya udah siap kalo mereka mau lanjutin ke SMA, saya malah seneng dan mau terus biayain sampe kuliah, tapi ya begitu anaknya gak ada yang mau nerusin sekolah sampe SMA, udah lulus SMP ya langsung aja kuliah (kuli payah)" Miris gue denger cerita si bapak ini, padahal dia udah bercita-cita setinggi langit tapi anak-anaknya cuma bercita-cita setinggi celana anak gaul. "Setiap orang tua pasti pengen anaknya lebih dari dia ya kan mas? tapi ya gitu saya juga bingung kenapa anak-anak saya kayak gitu, ujungnya ya ada dua orang anak saya jadi tukang nasi goreng keliling juga sama kayak saya, gak bisa dia bertani, jadi kuli bangunan, bisanya ya sama kayak saya nih jualan nasi goreng, yang lain sih ada yang jadi tukang jait, ada yang jadi tukang ojek juga di kampung." Lanjut si bapak sambil terus memasak nasi goreng pesanan orang lain.

Ada lagi yang bikin gue geleng-geleng kepala denger cerita dari si bapak ini, dia bilang "Ada satu anak saya mas, masuk STM tapi cuman dua tahun." denger berita kayak gitu awalnya bagus berarti gak semua dong lulusan SMP? tapi pas denger cuman dua tahun banyak tanda tanya didalam otak gue, kenapa? si bapak akhirnya melanjutkan ceritanya "Udah sampe kelas dua di STM, pas mau lanjut ke kelas tiga eh dia udah gak mau nerusin, dia gak mau sekolah lagi." gue pun dalam hati teriak what the ... ??? "padahal kan kelas tiga berapa lama sih ya mas? gak ada setahun, tinggal lanjutin aja ga mikirin biaya macem-macem kok ya gak mau nerusin, saya kesel mas waktu itu jujur aja, mau mukul tapi ya anak, tapi ya saya kesel banget. Soalnya udah dua tahun saya biayain kok tinggal gak ada setahun lagi malah gak mau nerusin?! Iya kalo cuma ratusan ribu abis mas, ini kan udah berjuta-juta, berpuluh-puluh juta malah. Itung aja mas, sehari saya kasih jajan Rp. 6.000,- coba sebulan jadi berapa?" gue mencoba menghitung 6.000x30 = "180.000 pak" jawab gue. "Yaudah kali mas 2 tahun tuh jadi berapa?" 180.000x24 = "4.320.000 pak semuanya" jawab gue sekenanya. "Nah itu cuma uang jajannya doang mas udah empat setengah juta sendiri, belom uang bukunya, uang sekolahnya, dan macem-macemnya mas, padahal uang sekolah dan lain-lainnya itu saya gak pernah nunggak, saya bayarin tepat waktu, saya usahain ada kalo buat anak sekolah mas." gue udah ga bisa berkata apa-apa lagi denger cerita si bapak tukang nasi goreng ini, cuman bisa manggut-manggut aja karena emang gak ada lagi yang bisa gue komentarin.

Bapak ini udah usaha sekuatnya, semampunya dia supaya anak-anaknya bisa berpendidikan tinggi tapi sepertinya mental anak-anaknya yang gak ada untuk jadi orang yang berpendidikan, entah dalam konteks ini siapa yang salah entah dari kondisi lingkungan, orang tua itu sendiri atau emang mental anak-anaknya yang udah sangat buruk. Di akhir curhatnya akhirnya si bapak bilang "Ada satu lagi anak saya yang bontot yang nomer enam mas, dia masih SMP nih saya turutin aja maunya semua, dia minta ini itu saya turutin mas supaya dia mau sekolah takutnya kalo dia gak diturutin gak masu sekolah lagi kayak kakak-kakaknya." Hah? sampai segitunyakah? haduh, entah apa yang harus dibenahi, yang jelas dalam kondisi seperti ini kita ga bisa menyalahkan pemerintah karena ini kembali lagi kepada orang tua dan anak itu sendiri.

Salam pendidikan,

CHNDW     

2 comments:

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour