Skripsi Salah Satu Histori

Tahun 2012 benar-benar merupakan tahun yang bisa gue bilang sebagai tahun transformasi diri gue, dimana dari awal bulan tahun ini gue sudah memasuki semester akhir dari masa perkuliahan gue dan mulai menyusun skripsi / tugas akhir. Di kampus gue penyusunan skripsi itu bisa dilakukan secara kelompok jadi kita gak nyusun satu judul skripsi sendirian, tapi bisa dua atau tiga orang, untuk jurusan gue manajemen ekonomi penyusunan skripsi kelompok ini jumlah mahasiswanya maksimal 2 orang. Tadinya gue mikir bakalan tetep ngerjain skripsi gue ini sendirian mengingat gue yang tidak memiliki teman dekat yang benar-benar bisa gue percaya dan punya kemauan dalam mengerjakan skripsi, tapi seiringnya waktu belalu dan zaman berjalan gue pun memiliki teman yang memenuhi hal itu, orang itu gak lain gak bukan adalah teman sekelas gue dari semester 1 sampe dengan semester akhir ini, dia adalah Muhammad Adiyat Qital Ma'arij Ramadhan atau yang biasa dipanggil Adiyat.


Yes, Adiyat emang temen gue dari semester 1, entah takdir atau jodoh yang mempertemukan gue sama anak rawamangun ini. Awalnya gue mulai deket sama dia pas di semester 1 mata kuliah Akuntansi Dasar, gue yang cukup mampu untuk memahami mata kuliah ini (walau cuman diawalnya doang) duduk disebelah Adiyat dan kemudian kita dengan malu-malu saling memegang tangan kita berdua mencoba memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen yang mukanya gak ngenakin itu, sesungguhnya gue sedikit banyak membantu adiyat karena waktu SMA gue merupakan salah satu murid andalah di mata pelajaran akuntansi, tapi dewi fortuna yang gak pernah naik fortuner sepertinya enggan untuk memihak ke gue, hasil akhir dari mata kuliah itu adalah Adiyat berhasil lulus sedangkan gue? harus memperdalam lagi dengan mengikuti SP (Semester Pendalaman). Semester 2 secara gak sengaja gue dan Adiyat kembali dipersatukan dalam satu kelas dan lagi-lagi dia jadi salah satu temen yang bisa gue ajak ngobrol, dan ketika mau naik semester 3 di fakultas gue ada pemilihan peminatan, gue dengan yakin memilih peminatan E-Business dan Entrepreneurship sedangkan Adiyat entah apa yang dipilih tapi yang pasti dia juga memilih peminatan E-Business. Ketika Semester 2 sudah berlalu dan masuk ke semester 3 lagi-lagi tuhan menunjukan kuasanya, gue harus rela kembali sekelas sama Adiyat, itu artinya gue udah satu setengah tahun sekelas sama dia dan seharusnya gue udah cukup mengenal Adiyat.

Karena udah cukup lama juga bareng-bareng Adiyat gak lagi malu-malu buat berkelakuan agak menyimpang didepan gue, kejailannya, jokes-jokesnya, komentar-komentarnya seperti sudah gak ada lagi dinding batu malu-malu yang memisahkan gue dan Adiyat, lama kelamaan gue dan adiyat udah jadi satu kesatuan kalo lagi di kampus, karena hal itu juga akhirnya gue sama Adiyat menyatakan untuk jadi kelompok dalam pengerjaan skripsi.

Awalnya gue sama Adiyat mau mulai bikin skripsi di semester 7 supaya lulus lebih cepet, tapi kita berdua mikir takut konsentrasi kita terbagi sama mata kuliah lain yang masih harus diambil di semester 7 akhirnya kita berdua mutusin pacar masing-masing buat ngambil skripsi di semester 8 supaya lebih tenang karena gak keganggu dengan hal-hal lain. Maka dari semester 7 kita berdua mulai mempersiapkan diri untuk skripsi dari mulai fitnes, makan teratur, tidur tidak larut malam, dan membatasi jam malam walau sebenarnya itu semua gak kita lakuin. Yang benar-benar kita siapin adalah mencari topik atau judul yang bakal kita ambil lalu mencari perusahaan/instansi yang bakalan jadi objek penelitian, seharusnya urutannya tidak seperti ini tapi kita berdua terlalu idealis untuk mengikuti alur.

Sepakat mengambil topik e-CRM (elektronik Customer Relationship Management) berbasis web, bukan masalah buat kita berdua ngejalaninnya tapi yang jadi masalah adalah kita berdua belom punya instansi untuk dijadikan objek penelitian. Akhirnya mencari-cari sesuatu yang pasti walau sulit tapi yakin kalau tuhan bersama orang yang sungguh-sungguh, kemudian Adiyat menawarkan sebuah rumah sakit bersalin dibilangan Jakarta Selatan, dari cara menawarkannya sih Adiyat terdengar tidak yakin tapi menurut gue justru ini tempat yang pas karena CRM sangat berbasis pada pelayanan dan rumah sakit pasti sangat mengutamakan pelayanan, cuman yang jadi masalah adalah kenapa harus rumah sakit bersalin?! tapi yasudahlah daripada gak ada, kita harus yakin kalo kita bisa menyelesaikan kuliah kita melalui pintu rumah sakit bersalin ini.

Seharusnya skripsi udah bisa mulai dikerjakan di pertengahan bulan Februari, tapi waktu gue mau ketemu sama dosen pembimbing gue untuk mulai berdiskusi tentang skripsi gue ini eh ternyata tuh dosen lagi di Bali jadi mau gak mau gue nunggu dia pulang. Seminggu kemudian gue dapet kabar kalo pak Joko dosen pembimbing gue udah pulang dari Bali, denger kabar itu langsung gue gerak cepet sms pak Joko untuk bikin janji ketemu bimbingan, dan ternyata dia ngebales siap dan minta kita buat ketemu dia jam 11 dikampus hari jumat, tentu gue excited karena ini adalah awal dari gue mengerjakan skripsi gue dan juga pengalaman pertama gue ngerjain yang namanya skripsi. Tepat di hari yang gue tunggu, gue dateng tepat waktu, pukul 11.15 gue sampe di kampus, oke gue emang telat tapi Adiyat udah dateng jam 11 kurang dan katanya dia sama sekali gak ketemu sama pak Joko, untuk mastiin keberadaannya gue coba sms pak Joko lagi dan ternyata dia bilang kalo dia udah gak lagi di BiNus, dia lagi di kampus lain katanya dia udah nungguin gue kelamaan, padahal si Adiyat udah di ruang dosen dari jam 11 kurang gak ketemu sama dia, entah di kondisi ini siapa yang salah tapi gue harus rela karena minggu ini gue belom bisa juga bimbingan.

Sekedar informasi aja sih, dosen pembimbing gue itu bukan dosen tetap di BiNus, dia malah merupakan salah satu pemegang jabatan fakultas ilmu komputer salah satu kampus swasta di Jakarta Barat. Jadi cuman weekend aja dia ada di BiNus, kalo lagi hari biasa senin sampai jumat dia ada di kampus tersebut.

Kembali ke topik, karena gagal lagi buat ketemu pak Joko, gue bikin janji lagi dan dia bilang lagi hari jumat jam 11. Belajar dari pengalaman gue gak mau lagi dateng telat, akhirnya di hari jumat berikutnya setengah 11 gue udah sampe di kampus, nungguin dia didepan kelas sampe selesai ngajar karena gue gak mau gagal lagi ketemu pak Joko buat bimbingan. Setelah nunggu agak lama akhirnya pak Joko keluar juga dan gue langsung berbasa-basi memulai percakapan, tadinya gue pikir durasi bimbingan ini bakalan lama, eh ternyata pas ketemu gue cuman disuruh cari jurnal pendukung sama cari buku yang berhubungan dengan topik skripsi gue setelah itu bimbingan selesai.

Minggu selanjutnya di hari yang sama dan jam yang sama gue kembali dateng menemui pak Joko dengan segala bahan yang dia minta, jurnal dan buku seperti yang dia mau udah gue bawa semua, dan ternyata dia masih belum puas sama apa yang gue bawa, minggu depan dia minta untuk dibawa lagi yang lebih oke. Gue mikir kalo misalnya besok gue bawa tapi gak sesuai ekspetasinya lagi dia bakalan minta gue bawa lagi dan lagi dan lagi, kalo begitu kondisinya kapan gue mulai ngetik skripsi gue? dan kapan gue bisa menyelesaikan skripsi gue? padahal target gue selesai skripsi yang dimulai dari bulan Februari harus bisa selesai bulan Juli, jadi supaya gak terlalu lama menunda gue gak mau lagi bawa-bawa jurnal ataupun buku cukup gue bikin bab 1 gue dan serahin ke dosen pembimbing gue, dan ternyata dia emang gak pake minta-minta lagi tuh jurnal ataupun buku, langsung aja dia revisi bab 1 gue yang ternyata masih ada kesalahan.

Ogah berlama-lama lagi pertemuan selanjutnya gue bawa bab 2 untuk di revisi, tanpa peduliin lagi bab 1 yang masih ada kesalahan, dan sesuai harapan gue bab 2 selesai dengan sekejap walau masih ada kekurangan teori yang belum dimasukin. Untuk masuk ke bab 3 gue ga bisa langsung nyelonong gitu aja, gue harus cari data ke rumah sakit, nyebar kuisioner, dan lain-lain untuk keperluan pengumpulan data. Cari data ke rumah sakit bukan masalah kayaknya karena gue tinggal dateng dan wawancara aja, tadinya gue pikir penyebaran kuisioner juga gak bakalan menyulitkan gue tapi ternyata dari pihak rumah sakit menyulitkan gue, target kuisioner yang gue sebar adalah sebanyak 70 dengan asumsi kembali 100% tapi ternyata dari pihak rumah sakit mau membantu penyebaran kuisioner cuman sebanyak 15 lembar dan gue ga boleh berkeliaran sendiri di rumah sakit nyebar kuisioner. Akhirnya dengan beragam cara aneh yang gue tempuh bareng Adiyat, gue bisa mendapatkan semua data dari kuisioner dan bisa gue olah menjadi sebuah informasi yang bisa gue gunakan di skripsi gue.

Dalam pengerjaan skripsi gue ini jujur aja gue sama Adiyat seringkali dilanda kemalasan, pernah sebulan skripsi gue ini nganggur tanpa dicolek bahkan dilihat sekalipun enggak. Hal tersebut terjadi karena waktu itu gue nunggu hasil kuisioner dari rumah sakit, lalu kondisi Adiyat yang sempat jatuh sakit juga menjadi salah satu penghambat gue gak sama sekali ngerjain skripsi, dan gak bimbingan. Ketika semua sudah kembali normal gue kembali mengejar keterlambatan, mengerjakan bab 3 seadanya sampai kita dapet hasil kuisioner, lalu mulai merangkai bab 4. Seiring berjalannya waktu semua yang kita butuhin akhirnya bisa kita dapetin, hasil kuisioner udah bisa kita olah menjadi sebuah informasi yang kita masukan kedalam skripsi. Karena kita berdua sadar udah terlalu lama mengulur waktu akhirnya kita berdua mutusin buat fokus sama skripsi, hampir setiap hari gue dan Adiyat saat itu bisa ditemui di perpus kampus, kita berdua selalu dateng ke perpus dari pagi atau siang sampe diusir karena perpus udah mau tutup, bener-bener pengalaman yang ya cukup membuat gue ngerasain gimana susahnya jadi mahasiswa.

Di kampus gue pengerjaan skripsi gak bisa seenaknya, harus selesai dalam tempo 1 semester, kalo belom selesai harus mengajukan perpanjangan waktu dan bayar uang BP3 lagi. Kadang itu yang bikin gue sama Adiyat jadi ngeri gak selesai tepat waktu, tapi kengerian itu gak seiring dengan kelakuan gue berdua yang justru terlalu banyak bersantai-santai. Bab 3 gue udah setengah selesai, bab 4 baru akan dikerjakan, dan bab 5 sama sekali belom kepikiran bakal dibikin, padahal saat itu deadline pengumpulan tinggal satu setengah bulan lagi, makin jadilah gue sama Adiyat anak perpus yang amat sangat berbakti. Mengejar ketertinggalan dan berusaha untuk menyelesaikan tepat waktu menjadi target kita berdua dan hasilnya? jeng jeeeeenngg.. skripsi gue dan Adiyat selesai bahkan dua minggu sebelum deadline, selama dua minggu itu gue bisa ngurus surat-surat yang dibutuhin sebagai syarat pengumpulan softcover untuk di-sidang. Ternyata kalo dipikir-pikir skripsi itu gak susah, dan bisa dikerjakan dalam kurun waktu yang singkat asalkan kita rutin ngerjainnya minimal 8 jam setiap hari kita kerjain skripsi itu pasti selesai minimal 3 bulan kalo sendirian, terus kenapa gue bisa sampe 6 bulan ngerjain skripsi? ya itu karena gue terlalu santai, banyakan ngulur waktu yang bikin skripsi gue dan Adiyat terlantar.

Pengalaman ngejar deadline pengumpulan skripsi bukan satu-satunya pengalaman yang gue rasain, ngejar dosen pembimbing yang sok sibuk dan sulit ditemui juga pernah gue rasain. Pernah suatu ketika gue bikin janji sama dia dari hari kamis dan dia bilang siap sedia ketemu gue di kantornya dia hari sabtu karena dia gak ada jadwal ngajar di BiNus saat itu, tapi pas hari sabtu gue ke kantornya dia disalah satu kampus swasta daerah Jakarta Barat gue SMS menanyakan keberadaannya dia sama sekali gak ngebales, gue tunggu dengan sangat sabar sama Adiyat, lama kelamaan tentu kesabaran gue gak berhujung indah dong? gue minta Adiyat nelfon si dosen dan amazing sekali dia ngangkat telfon lalu gue tanya "Bapak ada dimana? sekarang saya ada di kantor bapak." dan tau apa yang dia jawab? dia bilang "Loh, hari sabtu kan kampus libur." shock gue mendengar jawaban seperti itu tapi gue mencoba berharap kalo dia ternyata ada di BiNus lagi ngajar, gue pun tanya lagi ke dia "Sekarang bapak ada dimana?" dengan polos dia ngejawab "di RUMAH!" what the??? ah sudahlah, gue sih gak terlalu masalah karena jarak rumah ke kampus ini gak terlalu jauh dan gue naik motor, yang kasian kan Adiyat udah jauh-jauh dari rawamangun tapi perjalanannya malah sia-sia. Ada lagi waktu itu gue udah bikin janji sama dia hari jumat ketemu di BiNus, tapi pas gue udah menepati janji gue dateng ke BiNus pas gue SMS lagi-lagi dia gak ngebales dan waktu gue telfon dia bilang kalo dia gak lagi di BiNus saat itu dia lagi ada di kantornya, agak kesel sih karena gak sesuai sama janjinya dia, tapi supaya gak sia-sia gue rela nyamperin ke kantornya sama Adiyat, emang bener dia ada disana dan gue berhasil bimbingan sama dia. Waktu selesai bimbingan gue ngerasa agak sakit hati, karena waktu itu gue udah mepet banget mau sholat jumat dan dia bilang "Yaudah segitu aja ya? kalian kan mau sholat jumat, saya juga mau ke BiNus nih nyari buku." Ya silahkan dicerna sendiri apa yang bikin gue sakit hati dari kata-kata pak Joko ini.

Selesai sudah gue ngumpulin softcover skripsi gue, saat ini gue ngerasa kalo gue udah ngeluarin kepala gue keluar dari BiNus dan gue tinggal nunggu jadwal sidang aja. Agak lama dan tentu deg-degan gue nungguin jadwal sidang gue, setiap hari rajin gue ngecek BiNusmaya supaya gue tetep update sama jadwal sidang gue, berhari-hari gue terus menerus ngecek tapi gak juga keluar. Sehari bisa 3 kali gue ngecek jadwal gue tapi gak juga ada, sampe temen gue yang ngumpulin skripsinya lebih lama dari gue udah keluar duluan, karena gue belom tau gimana sih suasan sidang skripsi itu jadi gue mutusin untuk dateng nonton sidang temen gue itu, jadwalnya sih dia bakalan sidang jam 1 tapi ngaret dan akhirnya baru jam 3 dia masuk kedalam ruangan. Selama gue nungguin dia masuk kedalam ruangan itu temen-temen gue yang lain selalu ngebahas kapan jadwal sidang keluar, akhirnya salah seorang temen gue berinisiatif buat ngecek dan taraaaaa jadwalnya udah keluar, temen gue dapet jadwal sekitar 10 hari lagi dari hari itu. Gak mau ketinggalan juga gue ikutan ngecek, dan voilaaa gue dapet jadwal 3 hari lagi, mules, pusing, panik, dan bingung bercampur aduk, gila tiba-tiba jadwal gue keluar 3 hari sebelum sidang, ini sih sadis itungannya.

Tapi gue gak sendirian karena ada kelompok lain yang juga temen gue memiliki jadwal yang sama kayak gue dan dia juga baru tau dihari yang sama dengan gue hahaha.. Gue mencoba tenang dan mempersiapkan diri untuk hari H, dari mulai mental, wardrobe, sampai senjata-senjata untuk menangkal serangan dari dosen penguji. Dijadwalkan gue sidang pukul 1 tapi gue udah dateng dari jam 10 supaya gak keburu-buru dan bisa belajar lagi di kampus, sama Adiyat gue mencoba untuk tenang dan terus mempelajari skripsi yang kita bikin. Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, gue gak tau siapa yang bakal jadi dosen penguji gue dan pas gue nunggu didepan ruangan tiba-tiba salah satu dosen yang gue kenal cukup rese dalam menguji, cukup pelit dalam memberi nilai masuk kedalam ruangan yang seharusnya jadi ruangan sidang gue, dia adalah bapak Sevenpri dan yang satunya lagi gue gak kenal yaitu bapak Sanyoto seorang dosen dari jurusan Sistem Informasi. Jangan heran kenapa gue jurusan manajemen tapi ada dosen sistem informasi yang turut jadi penguji gue, karena sesungguhnya peminatan gue itu merupakan peminatan banci alias setengah-setengah, jadi gue manajemen tapi mempelajari juga tentang sistem informasi, so ga heran kalo ada dosen SI yang turut serta nguji gue. Dari 2 kelompok yang maju sidang gue jadi kelompok pertama, tentu jantung gue berdebar makin kencang seperti genderang perang, but gue sedikit lebih tenang karena ada @RizkyaHandayani yang ikutan masuk kedalam ruangan sidang gue untuk memberi support walau pada kenyataannya kehadiran dia malah menambah gairah grogi gue. Presentasi bisa gue hadapi walau dengan sedikit rasa grogi yang mengganggu, setelah itu masuklah sesi tanya jawab yang bener-bener bikin gue setres, mencoba tetap kalem dan cool gue coba menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen penguji, gue mampu menjawab beberapa pertanyaan dari dosen penguji walau agak kesel juga karena beberapa pertanyaan gagal gue jawab dikarenakan blank dan emang gue kagak tau jawabannya.

Sekitar 1 jam gue didalam ruangan untuk menentukan akhir dari perjalanan gue di kampus ini, akhirnya gue selesai dan kemudian gue keluar seiring dengan kelompok kedua yang masuk kedalam ruangan. Gue ngobrol-ngobrol dan kemudian mencoba rileks untuk mengendurkan ketegangan di otak dan jantung. Sekitar satu jam gue nunggu akhirnya kelompok kedua selesai dan tinggal kedua kelompok ini menunggu hasil keputusan sidang, gak begitu lama akhirnya kita dipanggil masuk lagi kedalam ruangan untuk dibacakan hasilnya. Semakinlah gue deg-degan, ketika nama Adiyat dipanggil dan disebutkan kalau dia lulus gue agak sedikit tenang karena kemungkinan besar gue juga lulus, ternyata benar gue juga lulus dengan grade yang sama dengan Adiyat, sedangkan temen gue yang dikelompok lain? harus disayangkan mereka berdua gagal mendapatkan tiket emas untuk melaju ke Jakarta harus ikhlas karena dinyatakan gak lulus, sejujurnya gue turut sedih tapi bingung juga karena menurut gue mereka itu kelompok yang sangat yakin atas skripsi mereka dan kelihatan sangat menguasai ketimbang gue dan Adiyat, malahan skripsi gue itu teorinya banyak yang mengambil contoh dari teori-teori mereka, alat analisis pun gue diajarin sama mereka cara pengerjaannya, jelas dong gue bingung kenapa jadi mereka yang ga lulus? tapi yasudahlah itu sudah jadi kuasa tuhan, dan itu jadi pelajaran buat gue supaya gak terlalu besar kepala atas apa yang gue kerjakan, jangan merasa apa yang kita kerjakan itu sudah sempurna tanpa cela sedikitpun.

Dengan pernyataan lulus ini resmi sudah satu kaki gue keluar dari BiNus, setelah sebelumnya saat pengumpulan softcover gue merasa kepala gue doang yang celingukan keluar dari BiNus kini kaki, dan pada saat wisuda nanti barulah kaki gue yang satu lagi keluar dari BiNus diikuti dengan seluruh jiwa dan raga gue. Tapi perjuangan gue belom selesai, gue masih harus revisi skripsi gue supaya bisa dijadikan hardcover dan meresmikan diri gue sudah menyelesaikan skripsi. Kini gue sudah menyelesaikan itu semua hanya tinggal menunggu wisuda bulan November nanti, dan sekarang gue sudah menjadi mahasiswa yang pengangguran karena udah gak ada kuliah, gak kerja juga, mau cari kerjaan tapi tiap naro lamaran mereka minta SKL (Surat Keterangan Lulus) sayang kampus gue gak bisa memberikan itu, SKL baru bisa diberikan pada bulan Oktober, entah apa yang dipikirin sama kampus gue ini karena gue merasa digantungkan harapan gue untuk mulai berkarir.

Tapi gue gak mau berhenti berusaha, gue terus mencari pekerjaan dengan menaruh CV gue ke perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Bahkan gue sampe mengikuti job expo yang diadain di senayan, dengan ribuan para pencari pekerjaan gue berjuang berdesakan, saling dorong, saling tarik, untuk mengisi lowongan pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan. Entah selanjutnya bagaimana kabar CV gue, apa ditanggapi atau tidak yasudah yang penting gue sudah berusaha dan sekarang tinggal berdoa aja. Semoga gue dan Adiyat bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik lagi setelah lulus dan menjadi sarjana dari kampus swasta yang katanya world class university ini. Aamiin..

Terakhir gue mau mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang sudah membantu gue baik moril ataupun materil dalam fase pengerjaan skripsi gue ini. Pertama-tama kepada tuhan Yang Maha Esa karena kehendaknya gue bisa selesai mengerjakan skripsi dan melewati masa kuliah gue, kedua orang tua gue dan juga kedua orang tua Adiyat yang memberikan dukungan moril dan materi untuk mendukung gue dan Adiyat menyelesaikan skripsi, saudara-saudara gue dan Adiyat, pihak rumah sakit baik jajaran direksi ataupun staff yang sudah banyak membantu, sahabat-sahabat di BiNus University terutama teman-teman angkatan 2012 kelas manajemen e-business yang benar-benar memberikan support yang luar biasa, pak Joko Dewanto yang sangat sabar membimbing gue dan Adiyat yang kadang otaknya rada ngeselin, dan juga pihak-pihak lain yang seecara langsung ataupun tidak terlibat dalam pengerjaan skripsi gue dan Adiyat ini. Secara pribadi gue mau mengucapkan terima kasih kepada Adiyat yang udah jadi partner gue selama ini dari semester 1 sampe semester terakhir kita sama-sama ngerjain skripsi ini, susah seneng bareng-bareng kita lewatin, maaf kalo gue suka males turun tangan ngerjain skripsi, dan juga terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Rizkya Harum Handayani dan keluarga yang sudah memberikan spirit dalam menyelesaikan skripsi gue.

Jadi kalo kalian yang baca blog gue ini dan punya lowongan pekerjaan yang kiranya cocok buat gue bisa hubungi gue via twitter atau facebook dan email. Sekian postingan yang tampaknya agak panjang ini, kurang lebihnya mohon maaf, wassalamualaikum.

Salam pengangguran,

CHNDW       

7 comments:

  1. ciyeh, jadi kapan kalian naik udah ga sabar ya kalian naik pelaminan (baca: wisuda). :P

    ReplyDelete
  2. Keren postingannya. Tapi lebih beruntung yah drpd saya. ngurus kiri-kanan supaya kripsi kelar. sama jg kejar Pembimbing Akademik sampe buang2 waktu eh pas judul di acc dan minta PA 2 sayang sekali judul saya diambil orang T.T
    Terlambat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe terima kasih :) iya sepertinya gue lebih beruntung karena sistem di kampus gue gak serumit itu :p

      Delete
  3. kak saya anak binus juga nih

    saya semester ini disuruh memilih peminatan, kira kira e-business ini beljarnya enak ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung minat sih, kalo emang suka dengan e-business ya pasti enak :) tapi kalo punya minat di marketing atau entrepreneur atau malah Bisnor ya jangan masuk e-business karena e-business ini peminatan banci, managementnya setengah SI-nya setengah juga.

      Delete
  4. kak sidang skripsi binus biasanya bulan apa?trus abis sidang,kita gak kuliah lg kah,tgl nunggu wisuda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sidang skripsi biasanya barengan sama UAS kalo skripsi di semester ganjil atau kalo ambil skripsi di semester genap biasanya bareng sama SP, bulannya lupa saya hehe. Kalo abis sidang udah ga ada kuliah lagi ya tinggal nunggu wisuda aja, sambil nunggu wisuda bisa kerja pake Surat Keterangan Lulus Sementara dibarengin sama transkrip nilai, tapi kalo mau benerin mata kuliah yang nilainya masih dianggap kurang ya bisa ambil 1 semester lagi, yang penting belom daftar wisuda.

      Delete

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour