Pengangguran Berpengalaman

Beberapa orang temen gue atau siapapun yang kenal gue pasti tau kalo sekarang gue ini lagi jadi pengangguran, jelas gue bukan "pengacara" (pengangguran banyak acara) karena gue emang bener-bener nganggur gak ada acara apa-apa. Semenjak lulus dibulan Agustus kemarin sampai saat postingan ini turun gue belum juga mendapatkan pekerjaan, ga usah ditanya kenapa karena gue juga gak tau, tapi kayaknya sih karena belom rejeki aja kali gue dapet kerjaan.

Sekarang apply lamaran gak sesulit jaman Bob Marley rambutnya masih di rebonding, sekarang semua bisa dilakukan via internet dan itu amat sangat mudah. Tapi gue gak mau hanya mengandalkan internet, seperti kata bokap "teknologi emang udah amat sangat canggih sekarang tapi jangan pernah lupakan cara tradisional." Ya mengingat hal itu gue-pun akhirnya mencoba menempuh cara tradisional, meski bukan dengan cara keliling ke perkantoran masuk sana keluar sini cuma untuk cari lowongan dan nge-drop CV, melainkan gue coba ikutan job fair, terhitung udah 3 kali semenjak resmi jadi pengangguran gue ikutan job fair.

Yang pertama gue ikutan job fair di senayan tepatnya di Istora Senayan, itu adalah job fair paling biadab yang pernah gue ikutin karena emang itu pertama kalinya ikut job fair sih, tapi emang bener biadab kok. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 30.000,- (Tiga Puluh Ribu Rupiah) dan didalam sana sangat tidak kondusif, berdesakkan, berebutan, dan parahnya disana cuman nge-drop hardcopy CV doang, kalo gue pikir-pikir sih rugi ikutan job fair kayak gini, udah kena biaya print CV + surat lamaran + sertifikat lain-lain, bayar tiket masuk, desek-desekkan, pokoknya rugi lah. Tapi ya gue anggep sekedar pengalaman aja sih, seenggaknya kalo gue punya anak nanti kan ada yang diceritain haha.

Job fair kedua yang gue ikutin itu adalah job expo dari kampus gue sendiri, dengan biaya sebesar Rp. 5.000,- (Lima Ribu Rupiah) gue udah bisa masuk dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan gue. Asiknya gue gak usah repot ngeprint CV karena job expo dari kampus gue ini menggunakan sistem online, jadi kita bikin akun di Binus Career terus bikin CV kita disana nanti kalo kita mau apply CV kita ke perusahaan yang kita mau tinggal kita submit aja, dan lagi disini gue gak perlu berdesakkan dorong sana dorong sini karena benar-benar ter-handle dengan sangat baik, jalurnya jelas, perusahaannya pun juga jelas, banyak juga perusahaan besar di job expo kampus gue ini. Jadi ya gak rugi lah ikutan job fair yang kedua ini karena murah tapi kualitas mewah.

Dan ketiga, job fair terakhir yang gue ikutin adalah job fair yang diadakan oleh JobsDB, itu tuh salah satu situs lowongan kerja ternama, yang bannernya suka terpasang di warnet-warnet bahkan sekarang udah terpasang dibengkel juga. Job fair ini juga keren, harga tiket masuknya aja seikhlasnya jadi gue gak mau bilang berapa gue bayar tiket masuknya nanti takut dibilang ga ikhlas lagi. Terlepas dari biayanya, sistem job fair ini juga keren banget, bertempat di balai kartini, job fair ini juga mengusung sistem online, tapi beda dengan yang di kampus gue. Disini pertama kita mengisi fom, terus beli tiket, abis itu kita dateng ke bagian registrasi untuk masukkin CV kita yang didalam flashdisk ke barcode yang ditempelin di tiket, jadi nanti kalo kita mau apply ke perusahaan mana aja yang ada disitu, tinggal kita kasih tiket kita nanti petugas di perusahaan tersebut scan barcode itu dan jeng jeeeeenng CV kita otomatis masuk ke email HRD perusahaan itu, keren yak? gue aja terheran-heran saking noraknya. Job fair ini tempatnya gede dan pengaturannya juga bagus jadi gak berdesakkan malah lengang banget.

Dari ketiga job fair yang udah gue sebutkan diatas, tiga-tiganya udah nyaris membuahkan hasil, gue udah dipanggil untuk ikut psikotest ataupun interview langsung, malah dari job fair yang pertama udah ada yang sampe di interview user + penyerahan kontrak tapi sayang gue gak berminat karena sepertinya bukan tempat gue untuk disitu, bukannya pilah pilih pekerjaan sih tapi buat apa gue memaksakan diri melakukan pekerjaan yang gue gak nyaman mengerjakannya ya kan? terus yang dari job expo kampus gue sih kebanyakan dipanggil untuk ikutan psikotest semua ada yang lolos ada juga yang enggak soalnya gak ada panggilan lagi, entah karena gue terlalu gila atau dinilai terlampau jenius. Sedangkan dari yang ketiga ini juga beberapa udah ada panggilan dan dari yang ketiga ini juga gue sangat berharap bisa masuk bekerja karena entah kenapa gue ngerasa nyaman sama pekerjaannya, ya semoga aja ini jadi rejeki gue tapi kalo bukan rejeki yasudahlah.

Ada pengalaman yang menarik dari panggilan interview hasil dari job fair yang ketiga di balai kartini ini, beberapa perusahaannya itu perusahaan dagang, gue apply di bagian web tapi pas lagi interview kebanyakan dari perusahaan tersebut malah ngebahas tentang blog gue karena ngeliat CV gue tertera di kolom achievement sebagai Finalis Blogger AusAID & Viva.co.id, parahnya malah yang terakhir ini gue interview sama sekali gak ngebahas tentang kerjaan, malah gue disuruh ceritain tentang tulisan-tulisan gue, entah apa maksudnya ya gue sih malah seneng disuruh ceritain tentang tulisan gue, abis itu kalo bisa gue suruh deh "daripada nanya-nanya mulu mendingan buka aja langsung blog saya." hahaha..

Semoga setelah nulis postingan ini gue bisa dapet kerjaan yang layak dan gue nyaman dengan pekerjaan itu, Aamiin...

Salam job seeker,

CHNDW     

2 comments:

  1. tq udah mau share pengalaman ikutan job fair. salam kenal by jm

    ReplyDelete

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour