Inovasi Baru Twitter

Twitter merupakan salah satu situs microblogging yang sedang sangat digemari oleh khalayak ramai. Bukan hanya anak muda saja yang menggiati situs ini tapi semua umur pasti suka atau paling tidak pernah menggunakan situs microblogging ini. Ragam profesi memanfaatkan twitter sebagai tempat yang bisa membantu usaha mereka, seperti para seniman yang mempromosikan karya mereka melalui twitter supaya diketahui oleh masyarakat, seperti para pelaku entertaiment/artist yang menggunakan twitter sebagai media beramah tamah dengan fans mereka, pengusaha yang menjual barang/jasa mereka, dan profesi-profesi lainnya yang amat sangat memanfaatkan twitter.


Twitter sesungguhnya bukanlah situs sosial media, seperti yang kita ketahui situs sosial media yang pernah sangat booming dan sempat merajai dunia maya yakni Live Connector (bener gak sih ini sosial media?), Friendster (yang sekarang udah berubah jadi situs game online), dan Facebook (situs sosial media yang masih bertahan sampai sekarang dan memiliki pengguna terbanyak di dunia). Melihat rekam jejak situs-situs sosmed yang datang lalu menghilang karena tertimpa zaman dari mulai LC (Live Connector) kemudian tergusur oleh FS (Friendster) yang lalu kehilangan pamornya karena hadirnya FB (Facebook), tentu hadirnya twitter setelah facebook membuat kita berpikir kalau twitter merupakan situs sosmed yang baru, pada kenyataannya salah.

Situs ini memang berbeda dengan situs lainnya, twitter merubah era sosial media menjadi era yang baru yakni microblogging dimana user akan disuguhkan dunia yang baru dan berbeda tentunya. Lalu kenapa twitter disebut sebagai situs microblogging bukan sosial media? ya karena twitter memang mirip seperti blog dimana kita bisa berbagi apapun sesuka kita baik itu kehidupan pribadi, informasi, event, atau apapun, hanya saja scoopnya lebih kecil makanya disebut microblogging.

Awal kemunculannya twitter bisa dikatakan membingungkan karena para pengguna sosial media yang tadinya memiliki lahan yang luas untuk berekspresi kemudian dihadapkan dengan lahan yang cukup kecil, karakter yang dibatasi hanya 140 karakter tulisan saja, tidak ada fitur likes, share, forum, photo album, dan lain-lain yang menjadi keunggulan dari sosial media. Di twitter kita hanya kan melihat status update (di twitter bahasanya jadi tweets update), timeline (tempat berkumpulnya tweet orang-orang yang kita follow), Mention (tempat dimana tweets orang-orang yang meng-mention / menyebut akun kita), dan juga istilah baru yakni Following (orang-orang yang kita follow supaya kita tau apa saja tweets updatenya) dan Followers (orang-orang yang mem-follow kita supaya bisa kepo-in kita haha), seperti di sosial media kita juga bisa berkirim messages supaya obrolan kita tidak diketahui khalayak ramai yakni dengan menggunakan fitur direct messages, dan juga seperti halnya friendster yang dimana kita bisa mengunci akun kita supaya tidak sembarangan orang bisa melihatnya twitter pun juga mampu melakukan itu yakni dengan mem-protect akun kita, masih banyak lagi fitur twitter yang sebenernya sangat membantu para usernya.

Sekarang twitter sudah semakin banyak penggunanya walau belum mampu mengalahkan facebook, untuk terus menarik minat dan menjaga para user lama supaya tidak lari twitter terus melakukan inovasi-inovasi baru, gue ga bisa berbagi tentang inovasi apa saja yang sudah dilakukan twitter semenjak kemunculan perdananya karena gue gak punya dokumentasinya. Tapi inovasi terbaru yang dilakukan twitter baru-baru ini adalah sebagai berikut.

Berbeda dengan sosmed, twitter yang seperti gue bilang merupakan situs microblogging memiliki sangat banyak client yang disebut dengan twitter client baik untuk desktop PC, smartphone, ataupun handphone. Untuk yang menggunakan twitter client mungkin tidak akan begitu sadar akan perubahan-perubahan yang dilakukan twitter di web-nya sendiri, tapi gue tetap setia menggunakan twitter web karenanya gue sadar ada perubahan apa saja yang dilakukan oleh twitter. Beberapa hari yang lalu kalo buka twitter via web pasti akan merasakan perbedaan yang sangat terasa,  loadingnya terasa agak berat dan lama juga sering terjadi crash terhadap situs tersebut, tapi kemarin twitter akhirnya kembali normal dan apa yang terjadi? ternyata masalah itu terjadi karena twitter sedang melakukan pembaharuan seperti penambahan di menu tab seperti dibawah ini ...


Ya tadinya di template twitter ini untuk membuka profile kita sendiri cukup rumit walau sebenernya bisa dilakukan dengan mengklik akun kita aja sih tapi kalo mau pake yang normalnya kita mesti klik simbol gear lalu memilih "view profile" tapi sekarang cukup meng-klik tab menu "Me" dan akan langsung muncul layar profile kita.

Apa itu saja yang berubah? tentu tidak, masa iya beberapa hari agak melambat cuma ngerubah gituan doang, cupu bener web developernya haha... Coba klik "Edit your profile" lalu pilih menu "Design" hingga muncul seperti gambar dibawah ini ...


Kalau sudah coba di scroll kebawah ...


Kira-kira ada gak yang berbeda dari versi yang lama? Kalo gak pernah merhatiin sih mungkin bingung tapi kalo gue sadar betul kalo disini ada yang berbeda, yaitu muncul pilihan "Change header" gue agak heran apa yang di change headernya? alhasil rasa penasaran gue itu menuntun gue untuk mencoba dong, akhirnya gue coba dan ternyata hasilnya cukup menakjubkan saudara-saudara. Laman profile kita yang tadinya seperti ini


tiba-tiba berubah jadi seperti ini ...


Wuiiiihhh keren yak guenya? #DisambitHarddisk maksud gue tampilan laman profile gue gitu jadi keren, dan menurut gue ini jadi bener-bener seperti blog dalam versi micro.

Inovasi ini mungkin banyak yang belum tau karena kebanyakan para user membuka twitter dengan menggunakan client. Jadi untuk yang pengen profile page twitternya oke kayak punya gue ini bisa di coba sendiri seperti yang gue kasih tau diatas. Walaupun sampe sekarang gue masih cari ukuran standart-nya supaya kita bisa nampilin header yang pas dengan kemauan kita, mungkin kalo ketemu nanti gue kabarin via twitter, makanya follow twitter gue dong #NyambiPromosi hahaha.

Sekian info dari gue, mohon maaf kalo ada salah-salah tulis dan pengartian, kekurangan itu datangnya dari diri gue sendiri dan kelebihan itu datangnya dari Allah S.W.T.

Salam tweet,

CHNDW  

0 comments:

Post a Comment

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour