Macet Bukan Cuma Masalah Pemda

Di Jakarta macet itu bukan lagi hal yang tabu, bahkan bisa dibilang Jakarta kalo gak macet ya bukan Jakarta, semua orang tau kalo Jakarta macet sampe-sampe alesan macet ini udah gak berlaku buat yang sering telat dateng ke sekolah ataupun ke kantor, karena setiap bilang kayak gitu pasti dibalikin "Semua tau Jakarta macet makanya kita harus menyesuaikan waktu." yang lebih ngeselin lagi dari macetnya Jakarta sekarang itu udah gak kenal waktu, kalo dulu kemacetan sering kali ditemui saat pagi hari dimana anak-anak sekolah yang jumlahnya ribuan dan orang-orang kantoran yang jumlahnya jutaan ini saling berdesakkan di jalanan untuk sampe ke tempat tujuannya masing-masing, sedangkan ketika siang hari jalanan sudah agak lengang, tapi kalo sekarang? aaahhh gak pagi, gak siang, gak malem ya macet dimana-mana. Anehnya macet pagi di Jakarta itu rada ngeselin juga, waktu gue dapet jam kuliah pagi dan harus masuk kelas jam 7.20 supaya gak terlambat gue harus berangkat dari rumah jam 6.30 paling lambat, menurut perhitungan gue sih gue bakalan sampe kampus tepat waktu gak bakalan terlambat atau malah kecepetan, tapi tak disangka tak dikiran dan tak diduga gue sampe kampus emang sih gak telat atau kecepetan cuman gue sampe kampus kepagian, belajar dari pengalaman keesokannya pas ketemu jam kuliah pagi lagi gue coba berangkat jam 6.35 dan sekarang perhitungan gue pasti tepat gak bakalan kepagian apalagi telat eeehh gak taunya gue malah telat 15 menit dddeeemmm!!! gue udah gak ngerti lagi sama keadaan traffic Jakarta yang udah ga bisa ditebak pake hitung-hitungan lagi.

Melihat kondisi seperti ini gak heran kalo pada akhirnya masyarakat baik warga Jakarta maupun orang-orang yang bukan warga Jakarta tapi ikut merasakan hiruk pikuk Jakarta menyalahkan pemda DKI Jakarta. Khalayak menganggap kalo keadaan Jakarta sekarang ini karena ketidak becusan pemda dalam mengurus dan menata Jakarta, secara pribadi sih gue juga agak setuju dengan pernyataan ini tapi yuk kita belajar melihat ke diri sendiri, apa semua ini murni karena ketidak becusan pemda? terus masyarakatnya sama sekali gak punya salah gitu? ooo tentu tidak, Jakarta jadi kacau kayak sekarang ini karena pemda yang gak becus dan juga masyarakat yang tingkat kesadaran dirinya akan ketertiban sangat rendah.

Emang lu pikir untuk ngeberesin kota metropolitan ini cukup pemerintah aja yang bertindak? gak bisa coy, harus ada turut andil dari masyarakat juga untuk memulai perubahan dari yang kecil, kenapa gitu? Yuk kita cek, pertanyaannya "kenapa sih bisa macet?" karena kendaraannya banyak, sedangkan jalannya kecil? nah tanya lagi "kenapa kendaraannya bisa banyak?" disini kita asumsikan bersama dulu yang dimaksud dengan kendaraan itu kendaraan pribadi ya, berarti mungkin jawabannya karena angkutan umumnya gak nyaman, aman dan menyenangkan? Oke kalo begitu jawabannya kembali lagi ini emang urusan pemerintah untuk membenahi fasilitas angkutan umum, tapi ini tugas juga buat masyarakat untuk ikutan menjaga kenyamanannya, keamanannya, dan sebagainya supaya menarik orang untuk kembali memilih angkutan umum sebagai sarana transportasi utama, karena menurut gue emang dengan cara ini jakarta bisa mengatasi kemacetannya.

Sebagai bentuk jawaban keinginan masyarakat akan transportasi yang nyaman, cepat dan aman toh pemerintah Jakarta udah bikin jalur busway untuk bus Transjakarta yang bus-nya pake AC, punya jalur sendiri otomatis jadi bisa menghindari kemacetan di jalur reguler, isi dalam bus juga dibatasi supaya gak terlalu berdesakkan, dan juga kereta juga sekarang paling minimal kelasnya ekonomi AC walau masih ada ekonomi yang non AC, artinya pemerintah udah mencoba menarik perhatian masyarakat untuk naik angkutan umum tapi kenapa masyarakat seakan gak tergoda untuk meninggalkan angkutan pribadi? nah ini kembali lagi ke masyarakat, kalian menuntut supaya jangan lagi macet tapi dikasih solusi kok malah ngeyel plus jelek-jelekin pula. Emang sih dari fasilitasnya itu angkutan itu sendiri masih kurang, tapi pelan-pelan sambil berjalan diperbaikin gak salah kan? tapi kalo emang gak ada tanggapan positif dari masyarakat ya pemerintah juga mungkin males buang-buang duit dan waktu beresin angkutan umum, sekalinya di beresin kadang-kadang kesadaran masyarakat akan ketertiban malah bisa dibilang ogah-ogahan.

Eits jangan marah kalo gue bilang kesadaran masyarakat bisa dibilang ogah-ogahan, kita liat di angkutan-angkutan umum banyak banget coretan itu kan contoh kecil kalo tangan-tangan masyarakat ini gak tertib. Apa lagi? liat aja sekarang jalur bus transjakarta apa sudah steril dari kendaraan pribadi? ada lagi kendaraan pribadi yang gak tau aturan dijalanan kayak gak nurut sama rambu, nerobos lampu merah, padahal katanya sih yang naik mobil pribadi ini pada berpendidikan. Tuh contoh kalo masyarakat kita ini gak tertib.

Yang bikin gue tambah kesel lagi, gue pernah ngeliat ada orang yang ngedumel di twitter karena busway, menurut dia busway itu cuman nambah macet aja karena menurut dia lagi jalanan yang tadinya 3 jalur jadi berkurang 2 jalur karena 1 jalurnya dipake sama busway, jelas jalanan jadi sempit dan jalan pun jadi semakin macet. Kalo kita pake logika nakal ini justru bagus, kalo jalanan jadi sempit dan jadi macet di jalur reguler akhirnya orang-orang bete dan kesel dan dampaknya mereka bisa beralih menggunakan bus transjakarta, dengan begini populasi di jalur reguler jadi berkurang dan lebih lengang tentunya. Tapi kayaknya logika ini gak berlaku bener, soalnya karena kesel kena macet di jalur reguler mereka sama sekali gak mikir buat beralih menggunakan bus transjakarta tapi malah beralih menggunakan jalurnya aja yang dampaknya jadi amat sangat negatif, jalur bus yang seharusnya steril ini malah jadi penuh sama kendaraan selain bus transjakarta yang mengakibatkan jalur bus transjakarta akhirnya jadi ikut-ikutan macet, melihat keadaan ini masyarakat melihatnya dari sisi yang negatif aja, mereka menilai kalo sama aja bus transjakarta juga macet tuh, akhirnya pada ogah juga naik bus transjakarta. Kondisi kayak gini jelas kesalahan dari masyarakat itu sendiri, tapi hal ini bisa kok diatasin asal pemdanya becus. Nah kembali lagi ke pemda nih, seharusnya pemda bikin peraturan untuk hal ini, menengok negara lain yang juga menggunakan sistem transportasi yang sama yakni China, di negara tersebut diterapkan peraturan yang sangat ketat, setiap jalur busway dijaga oleh polisi dan untuk para pelanggar sterilisasi jalur ini polisi-polisi tersebut no excuse mereka akan mencabut driving license untuk orang-orang yang melanggar jalur itu, tentu ini akan membuat efek jera, nah kalo di Indonesia? khususnya Jakarta? polisi cuman ada di beberapa titik aja, udah gitu kalo ada yang ketilang polisinya malah bisa di-lobby, hadoh gimana coba mau bener kalo kayak gini caranya lah wong ya penegak ya pelanggar sama-sama bobrok moralnya.

Mungkin pemerintah DKI Jakarta akhirnya capek ngakalin transportasi umum, mereka mengeluarkan terobosan baru dengan membangun jalan flyover non-tol, niatnya sih untuk mengurai kemacetan di jalanan yang katanya jalannya sempit, dan juga membangun jalan tol jorr dalam kota supaya mobil-mobil di jalur reguler bisa sedikit berkurang karena mereka lebih memilih lewat jalan tol. Emang sih menurut gue ide ini bagus, tapi ide ini juga gak beda jauh sama ngasih baju berukuran lebih besar ke orang gendut,bukannya menyuruh orang gendut ini untuk diet, kalo jalanan sempit terus di kasih jalan yang lebih gede lah ya orang-orang malah seneng karena dapet space lagi buat beli kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor, ujung-ujungnya kemacetan ya gak bakalan terselesaikan. Seharusnya setelah menambah jalan untuk mengurai kemacetan yang sekarang terjadi, pemerintah menerapkan peraturan untuk membatasi kehadiran motor-motor atau mobil-mobil baru, mungkin dengan membuat peraturan seperti tingginya harga pajak kendaraan, gue rasa ini cukup untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalanan. Lah ini sekarang apa coba? motor bisa dibeli tanpa DP gimana gak mau rame jalanan sama motor!!! orang-orang berduit juga gak tau diri, masing-masing anaknya dikasih mobil, ujung-ujungnya dijalanan banyak mobil-mobil yang isi didalemnya cuman 1 orang hhhaaahhh yang begini nih yang tambah bikin macet jalanan aja. Kalo seandainya setelah penambahan jalan ini dilakukan dan kemudian diterapkan peraturan untuk membatasi kendaraan pasti Jakarta bisa lebih lengang, jadi perencanaan mengatasi kemacetan ini bertahap gak hanya satu rencana kemudian selesai.

Kemacetan di Jakarta ini kan banyak faktornya, kayak banyaknya jumlah kendaraan, padatnya jumlah penduduk, tidak tertibnya masyarakat, dan lain-lain. Seharusnya faktor-faktor ini diatasi secara bertahap dan berkelanjutan, dijamin teratasi kok macet di Jakarta. Jadi untuk para gubernur Jakarta ayo sama-sama mikir gimana caranya ngatasin kemacetan di Jakarta, untuk para masyarakat yuk kita sama-sama belajar untuk jadi lebih tertib, kan dari kita untuk kita juga.

Salam Jakarta,

CHNDW

0 comments:

Post a Comment

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour