Kartini's Day

Pagi ini 21 April 2012...

Dimana dinegaraku Indonesia ada sebuah peringatan yang menitikberatkan kaum perempuan. Ya, Hari Kartini. Hari dimana diperingatinya hari lahir salah seorang pahlawan wanita Indonesia yang amat sangat berjasa bagi kaumnya. Beliau dikenal sebagai pelopor bagi para wanita Indonesia. Andai saja tidak pernah ada seorang Kartini atau seorang Kartini tidak memperjuangkan hak-hak kaumnya, mungkin sampai saat ini wanita hanya dijadikan sebagai alat sebagai pelayan para laki-laki. Tidak akan pernah terlihat ada seorang ibu yang jadi supir busway, tidak akan ada wanita yang memimpin Indonesia, tidak akan ada wanita yang menjadi seorang security, ya tidak akan pernah ada semua itu.


Kartini memperjuangkan kaum wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Emansipasi Wanita, itulah tujuan beliau.

Sepertinya sekarang begitu banyak Kartini-Kartini baru yang bermunculan, mereka benar-benar mengikuti jejak seorang Kartini, begitu banyak wanita-wanita hebat yang memperjuangkan haknya walau kadang sedikit melupakan kewajiban mereka sebagai wanita.

Emansipasi wanita memang mempunya arti penting, sekarangpun banyak sekali wanita yang meneriakkan "EMANSIPASI WANITA" saat dirinya sedang merasa terjajah oleh para laki-laki. Menurutku maksud dari emansipasi tersebut adalah penyetaraan hak antara laki-laki dan perempuan. Tapi sepertinya bukan Indonesia namanya kalau tidak ada penyalahgunaan sebuah HAK.

Ada sebuah cerita yang cukup menarik berkaitan dengan emansipasi wanita atau hak wanita. Banyak wanita yang jadi merasa karena adanya emansipasi wanita tersebut hak wanita bukan setara dengan lelaki, tapi justru jadi lebih tinggi. Memang aku akui kalau hak wanita lebih tinggi dari lelaki karena aku jujur belum pernah melihat ada hak lelaki yang sampai 20 cm seperti wanita (maaf yang aku maksud itu hak sepatu). Tapi ini benar-benar terjadi, karena adanya emansipasi wanita itu banyak wanita yang ingin didahulukan kepentingannya. Seperti saat ada pekerjaan mudah mereka ingin emansipasi wanita itu diberlakukan, tapi justru mereka tidak mau melakukan pekerjaan yang mereka anggap berat dan malah berkata "itu kan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh pria?!" waow, entah apa maksudnya tapi yang jelas itu memang benar-benar nyata dan hanya wanita yang bisa menjawab apa maksud dari semua itu.

Tapi yang jelas apapun yang terjadi aku tetap mendukung emansipasi wanita selama emansipasi yang dimaksud adalah penyetaraan hak dan kewajiban, serta tidak disalah gunakan untuk menyemena-menakan kaum adam, dan pada hakikatnya para pria bisa menghargai keinginan penyetaraan hak dan kewajiban dari para wanita, dan ingat! wanita tidak boleh melupakan hakikatnya untuk menghormati seorang pria, dan pria juga tidak boleh keluar dari kewajibannya melindungi para wanita.

Happy kartini's Day, 21 April..

Kecup wanita,

CHNDW   

3 comments:

  1. slmt hri Kartini smg ttp tmbuh Kartini2 muda di Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Nice post, sbenarnya Kartini, juga mndapatkan hal jelek dari pngikut2nya... terlalu emansipasi. Tapi, masih banyak kebaikannya

    ReplyDelete

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour