Laporan Banjir Ciledug Indah

Tragedi ini terjadi pada tanggal 3 April 2012, saat itu sepertinya cuaca sedang enggan untuk menampakkan keceriaannya. Sejak dini hari hujan turun sesekali berhenti seakan memberi harapan akan masuknya sinar matahari kedalam sela-sela ventilasi rumah dan mengembalikan semangat untuk beraktifitas. Kedua orang tua gue berangkat ke kantor seperti biasanya, dengan menggunakan mobil mereka ikhlas meninggalkan gue di rumah seorang diri. Hari ini tadinya gue memiliki rencana akan pergi bersama salah seorang teman untuk mendaftarkan diri di salah satu kegiatan kursus namun apa daya sepertinya hari ini gue harus memilih untuk tetap berada di rumah karena kondisi di luar sana juga tidak menentu, dan hal itu semakin menguatkan gue untuk bersabar menjalani hari ini hanya didalam rumah karena gak lama nyokap gue nelfon dan bilang kalo dia gak jadi berangkat ke kantor karena semua akses jalan yang biasanya dilewati, hari ini tidak bisa ditembus karena air menggenang cukup tinggi dan kemacetan menjadi neraka kecil bagi para pengendara. Jadi hari itu gue memutuskan untuk duduk didepan laptop gue dan menjalani kegiatan tanpa hasil, online menghabiskan waktu.

Agak berasa tolol gak sih gue cerita di blog udah kayak berpuisi haha, ya kita back to habbit lah, let's go! Tadinya gue pikir gue bakalan ngendep di rumah aja sampe malem, tapi pas bokap sampe rumah karena dia sama sekali gak bisa jalan ke daerah jakarta, dia ngajak gue buat ke rumah sakit Omni, ngapain gue disana? bukan kok bukan karena gue sakit atau gue jenguk orang sakit tapi karena gue sama bokap ada kerjaan disana. Dari rumah gue ke Omni itu gak begitu jauh, bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 30 menit dan gue disana juga gak sampe 45 menit yang bikin lama cuma nungguin lift doang padahal gue dari basement cuman mau naik ke lantai 1 #FlatFace emang bener-bener dah bokap gue malesnya ga ketulungan. Dari rumah sakit Omni langsung cabut buat beli makan di daerah Cipondoh, jadi gue dari Serpong harus ke Cipondoh dulu baru balik.

Nothing special sih di perjalanan gue ke Cipondoh ini, tapi pas di Cipondoh sembari gue nunggu pesenan makanan gue jadi gue duduk-duduk di pinggir danau ngeliatin orang-orang lagi pada mancing di danau yang debit airnya lagi bisa dibilang tinggi. Gue liatin orang-orang pada mancing, gue liatin joran mereka yang sepertinya itu handmade mereka sendiri, cuman pake bambu panjang, benang pancing, pelampung, sama kail, sedangkan umpannya? kebanyakan dari mereka menggunakan lumut sebagai umpan. Agak bingung sih kenapa pake lumut ya? kalo mereka pake lumut buat mancing ikan emangnya ikan sebodoh itu apa? daripada mereka merasa gak yakin dengan lumut yang ngambang-ngambang mendingan mereka berenang ke pinggiran dimakanin deh tuh lumut yang ada ditembok sisi danau. Bener aja feeling gue, mereka yang memancing menggunakan lumut sampe hampir 30 menit gue duduk ngeliatin mereka, ga satupun dari mereka berhasil menarik joran mereka dengan ikan tersangkut di mata kail pancingan mereka, lain ceritanya dengan orang yang menggunakan pelet ikan sebagai umpan, dia beberapa kali menarik jorannya dan ada ikan yang tersangkut disana walaupun ikannya kecil dan menurut gue itu gak akan cukup dimakan buat sekeluarga, itulah kenapa gue menilai kegiatan atau hobi memancing di tempat kayak gini adalah hobi yang buang-buang waktu.

Setelah itu gue langsung pulang, perjalanan pulang seharusnya lebih cepat dari perjalanan pergi tapi ini memang bukan hari yang biasa. Langit mendung mulai menampakkan hasil, titik-titik hujan mulai turun, supaya cepet sampe rumah gue coba ambil jalan memotong lewat sebuah perumahan tapi sayang ternyata jalan sudah terputus karena tergenang banjir, mau gak mau gue berputar lagi dan ambil jalan besar yang jaraknya cukup jauh. Karena jarak ini waktu yang gue tempuh jadi bertambah alhasil gue keujanan di tengah jalan tapi beruntung gue masih sempet neduh di toko matrial, baru sebentar neduh ternyata ujan udah sedikit reda dan gue sama bokap gue memutuskan untuk jalan lagi, cukup jauh gue udah jalan sampe akhirnya turun ujan lagi yang memaksa gue buat neduh lagi disalah satu taman kanak-kanak, lumayan lama gue disini sampe sempet ngobrol sama tukang kerupuk yang keujanan juga.

Setelah hujan mulai menunjukan tanda-tanda baik gue kembali melanjutkan perjalan tapi sial banget udah tinggal dikit lagi sampe rumah hujan turun lagi dengan lebat, gue terpaksa neduh lagi, jadi total gue 3 kali neduh sepanjang perjalanan gue dari cipondoh sampe ke rumah. Di rumah hujan turun deres banget tapi gak bikin pusing karena gue udah di rumah dan lagi makan enak haha. Menjelang maghrib ujan gak juga berenti malah tambah rese karena tiba-tiba air di parit kecil rumah gue tinggi banget dan ini merupakan tanda-tanda akan banjir, apalagi denger berita kalo di katulampa udah status siaga (siap antar jaga) makin bikin nyokap gue panik, abis maghrib ujan makin deres air makin tinggi tapi gue gak makin ganteng #Lupakan dan sialnya didepan gang rumah gue air udah sampe diatas mata kaki jadi mau gak mau gue harus selamatkan motor gue dulu supaya tetep bisa dipake keluar, gue terobos banjir dengan sangat semangat dan gue titip motor gue di jalan atas yang gak kena banjir.

Air makin cepet naiknya, baru beberapa menit aja udah sebetis dan masih ada 2 motor lagi di rumah gue yang harus diselamatkan, sebenernya sih di taro rumah juga fine-fine aja tapi gue taro di jalan atas itu supaya gue tetep bisa pergi kemana-mana pake motor. Gue keluarin motor abang gue, dan adek gue keluarin motornya sendiri, gue gak terlalu pusing buat nembus banjir pake motor abang gue karena knalpotnya emang tinggi tapi yang gue pusing adek gue ini, dia gak pernah nembus banjir sebelumnnya, tapi kekhawatiran gue itu tak terbukti karena ternyata adek gue berhasil melewati banjir dan ternyata juga malah motor abang gue yang mati, padahal pas lewatin banjir no problem ckck.

Gue balik lagi ke rumah, menikmati hidup dan alhamdulillah banjirnya cuman ngeledek doang, gak lama setelah isya air surut dan kering jadi gue ambil lagi motor-motor gue dan bisa bersantai. Dini harinya bakalan ada pertandingan bola Barcelonovela vs Milan club kesayangan gue, niatnya sih mau tidur dulu sebelum nonton tapi pas jam 11 gue liat di newsticker disalah satu stasiun tv berita tertulis Katulampa siaga 3, dan angke hulu siaga 2, baca berita kayak gini siapa coba orang ciledug indah yang bisa tidur dengan tenang?? alhasil gue langsung tidur #KemudianDiguyurKopiPanas iya gue tidur kok, tapi tidur dengan kondisi tetep sadar dan waspada, beberapa kali gue bangun buat mastiin keadaan tapi ternyata ga ada apa-apa.

Tepat jam 12 malam lewat, bokap bangun dan keluar dari kamarnya dan gue pun ikutan bangun karena bokap gue heboh banget, ngeliat gue bangun dia bilang sama gue "Dek siaga 1 dek." denger kayak gini karena sebelumnya gue udah tau bakalan kejadian, gue gak panik-panik amat. Gue langsung bantu bokap gue naikin barang-barang yang bisa dinaikin, tapi karena denger suara temen-temen gue pada keluar gue langsung ikutan keluar rumah buat ngobrol-ngobrol, ternyata bapak-bapak dan ibu-ibunya juga lagi pada ngobrol. Jangan bingung kalo kondisi santai kayak gini lo liat di Ciledug Indah pas lagi situasi yagn seharusnya panik, kita semua udah terbiasa dengan hal kayak gini, udah tau apa yang harus dilakukan, jadi kita tetep stay cool dan santai menikmati dinginnya malam sambil nungguin air bener-bener naik dan tinggi.

Lagi asik ngobrol tau-tau aja handphone gue bunyi kenceng banget, gue cek ternyata itu suara alarm dan tertuliskan Barca vs Milan, yes tepat jam 1.45 gue pulang dan memutuskan buat nonton bola di rumah, bukan cuma gue tapi dua temen gue ngikut ke rumah gue buat nonton juga, sayang gue nonton gak konsen gara-gara gue tetep harus ngangkatin barang ke lantai atas, pas gue lagi angkat kasur adek gue tiba-tiba temen gue teriak "PINALTY!!!" gara-gara Antonini menekel keras Messi dan akhirnya pinalty itu diselesaikan dengan baik oleh Messi, oke 1-0 buat Barca dan gue tetep optimis kalo Milan bisa menyingkirkan club paling palsu didunia itu, gue terus tonton final kepagian itu dengan semangat Merah-Hitam dan terus nge-chant "Ale Ale Ale Milan Ale... Forza Lotta Vincerai Non Ti Lasceremo Mai"  #PukulRantang Tunggu deh gue kenapa jadi cerita bola ya?!

Back to topic, sembari nonton bola gak sadar kalo air udah semakin tinggi dan tinggi dengan cepat. Akhirnya pertandingan selesai dan Milan harus pulang dengan kepala tegap walau mengalami kekalahan di camp nou. Selesai bola, gue sholat subuh terus tidur sambil berharap pas gue bangun nanti udah gak banjir lagi dan gue bisa berangkat kuliah dengan tenang, tapi apa daya pas gue bangun malah rasanya gue lagi ada di venice. Suara air seperti terdengar jelas dari kamar gue, pas gue keluar waow airnya masih ada berarti gue masih kebanjiran dan gue harus kuliah!!! Mencoba berpikir lebih jernih gue tanya sama adek gue, seberapa tinggi air di depan gang rumah gue? dia bilang sepaha, oke kalo sepaha berarti itu menyulitkan gue buat berangkat kuliah, gue tunggu 15 menit lalu gue coba kembali memantau ketinggian air di depan gang.

Belom sampe depan gang gue udah ketemu temen-temen gue dia bilang di depan masih sepaha yaudah gue putusin gak usah kuliah malah jadi pengen jalan-jalan liat suasana banjir di komplek gue ini. Akhirnya gue jalan sama temen-temen gue, baru sampe pas banget depan gang yang bener ternyata airnya masih sepaha, gue ngerasa mules jadi gue putusin gak ikut temen-temen gue itu dan balik pulang. Di rumah gue langsung boker dan sarapan sambil menikmati suara air, selesai sarapan gue ambil camera gue buat mengabadikan beberapa moment yang bisa gue ambil.

Ini adalah kondisi rumah gue :

Tampak Depan

Tampak Samping

Tampak Serong

Jalan Mawar Raya

Kondisi dalam rumah:

Ruang Tamu yang Kosong

Kamar Adek gue dibawah yang dikosongkan

Kulkas Takut Air

Jemuran yang Dialihkan
Ya kira-kira seperti itulah kondisi rumah gue saat itu, sebenernya masih ada beberapa photo lagi tapi kalo gue tampilin nanti jadi berat loadingnya, kasian buat yang koneksi internetnya pas-pasan.

Karena bosen, siangnya gue lebih milih buat tidur, maklum aja karena pas banjir gini otomatis PLN mematikan listrik jadi gue sama sekali gak punya hiburan. Tertidur dengan kondisi penuh keringat kegerahan dan terbangun dengan badan lemes karena terlalu banyak mengeluarkan keringet. Sore gue bangun langsung keluar mantau keadaan, ternyata air mulai surut dan menurut perhitungan gue dengan menggunakan rumus matematika yang cukup rumit #Gaya kemungkinan air pasti surut malam ini juga. Niatnya sih gue gak mau lagi nyemplung ke air, tapi pas liat temen-temen gue pada mau ke depan nyari makanan akhirnya dengan perut yang lapar gue ngikut juga dan gue lagi-lagi nyemplung.

Dan sore ini gue berniat kembali mengabadikan semua kondisi di komplek gue dengan air yang sudah mulai surut.

Kondisi Air di Gg. Jalan Mawar Raya

Sebelumnya gue mau mohon maaf dulu kalo di photo-photo yang gue tampilin disini sedikit mengandung konten porno, coba aja liat di photo atas ini temen gue yang ada di paling kanan dan juga liat photo dibawah ini, air cuman sebetis tapi dia angkat celananya lebay banget.

Jalan Utama Ciledug Indah 2

Waterpark Depan Kelurahan

Sang Penjala

Cuci Se-Team
Ya seperti itulah kondisi didalam komplek gue ketika banjir, hampir sama sekali terlihat kesusahan, kesedihan, dan kekhawatiran, malah banjir udah jadi kayak temen aja banyak manfaatnya.

Buat warga Ciledug Indah kayak gue ini banjir emang bukan lagi hal baru, udah belasan bahkan puluhan kali perumahan ini dilanda banjir kayak gini, yang ini malah banjir dianggep masih cupu karena kita pernah mengalami yang lebih besar kayak tahun 2007. Jadi gak ada lagi kepanikan ataupun ketakutan didalam benak warga perumahan ini, buat gue pribadi pun banjir udah bukan lagi hal yang menakutkan bukan lagi bencana yang bisa bikin hati gue tergetar karena emang dari kecil gue udah dihadapi sama kondisi kayak gini, siklus banjir 5 tahunan yang selalu dateng udah berkali-kali gue alamin.

Tapi ada hal-hal yang buat gue sedikit kesal dengan kondisi kayak gini, terutama pada sikap pemerintah yang cenderung lambat dalam mengakomodasikan bantuan, malah pas tahun 2007 komplek gue gak sama sekali tersentuh sama Tim SAR di karenakan arus dijalan utama itu terlalu deras jadi perahu karet Tim SAR tidak bisa menghadapinya, entah ini perahu karetnya yang gak bisa atau emang Tim SAR yang pada takut hanyut, padahal pas gue pergi ke posko Tim SAR mereka punya perahu karet dengan tenaga mesin, masa sih mesin juga ga berani buat masuk?! Karena tidak adanya bantuan yang masuk sama sekali akhirnya para warga harus berkorban sendiri, kita semua turun ke air menerjang air dengan arus deras cuman untuk mencapai posko dan meminta bantuan seperti makanan dan obat-obatan, jadi tidak heran kalau akhirnya warga terbiasa dan tidak terlalu berpikir akan dibantu.

Yang lebih menyebalkannya lagi adalah warga selain dari Ciledug Indah itu sendiri, mereka yang untuk lebih singkatnya gue sebut warga kampung (maaf ini karena memang menurut gue mereka itu kampungan). Jadi di perumahan Ciledug Indah ini memang ada daerah yang sama sekali gak kena banjir, posisi mereka lebih tinggi dan biasa disebut sama warga itu adalah daerah kampung poncol. Saat banjir yang terjadi di tahun 2002 mereka yang tidak terkena banjir hanya menerima dampak dari banjir tersebut yakni padamnya listrik dan turut terisolasi, menurut gue itu wajar kalau mereka meminta bantuan juga dari posko-posko yang ada, tapi setelah tahun 2002 itu mereka para warga kampung meminta untuk gardu listrik mereka dipisahkan dengan gardu listrik perumahan Ciledug Indah dengan harapan ketika banjir hanya gardu listrik Ciledug Indah saja yang dipadamkan sedangkan mereka tidak terkena pemadaman listrik, permintaan itu dikabulkan oleh PLN. Alhasil saat banjir 2007 dimana saat itu banjir yang memang paling menyakitkan, Ciledug Indah mengalami pemadaman listrik total sedangkan warga kampung tidak, it's okay kita warga komplek tidak terlalu memusingkan keadaan itu karena memang sudah pusing dengan keadaan sendiri yang lagi kena banjir.

Karena bantuan tidak bisa masuk ke daerah gue yang posisinya emang ada ditengah-tengah dan sulit buat dicapai, warga tentunya mengambil inisiatif mengambil bantuan itu sendiri, jalan paling aman ya lewat kampung itu karena disana ga kena banjir. Tapi sial sampai di posko ternyata bantuan udah habis, kesel karena pemerintah tidak menurunkan bantuan secara maksimal masa bisa-bisaan ada warga yang kena banjir gak dapet bantuan? emang gak dijatah apa? Akhirnya kita semua harus kembali dengan tangan kosong, tapi seperjalanan balik gue ngeliat banyak orang-orang kampung itu pada bawa-bawa kardus mie, bawa kantong plastik berisikan nasi bungkus, kok sialan sih?! Mereka gak kena banjir, ga mati listrik tapi ngambilin bantuan juga? Warga perumahan protes keras, sehingga diberlakukan aturan untuk mengambil bantuan harus menunjukan KTP. Tapi sepertinya orang-orang kampung gak kehabisan akal, mereka menyuruh anak-anak kecil buat ambil bantuan itu, otomatis gak ada KTP yang bisa diserahkan toh? tiap ditanya kena banjir apa enggak mereka lantang menjawab kena, ya terang aja orang emak bapaknya aja yang nyuruh bohong.

Akhirnya bantuan didistribusikan tidak secara langsung, dari manapun bantuan harus masuk ke posko RW yang kemudian dari RW diberikan ke warga langsung, dengan begini RW yang tidak kena banjir tidak bisa mendapatkan bantuan, tapi lemahnya ya dari segi kecepatannya aja kadang bantuan ke RW itu datang terlambat kalo secara langsung kan pasti jadinya lebih cepet.

Gue nulis hal kayak diatas itu bukan karena gue mau menjelekkan warga kampung tapi gue cuma mau nyampein, sedikitlah lebih respek sama kita. Ya kita tau kita warga perumahan emang taraf hidupnya bisa dibilang lebih dibanding kalian, tapi kalian juga kan gak kena banjir dan sebetulnya ga butuh bantuan banget, kita yang lebih butuh bantuan, dan kalo mau tau orang-orang yang di photo atas itu pada main air, nyuci motor dan sebagainya bukanlah orang-orang perumahan tapi itu orang-orang kampung yang sengaja turun buat pada main air. Gitu aja sih pesen gue, yang penting saling menghormati aja dan jangan ajarin anak-anak kalian buat berbohong kayak gitu, nanti kebawa sampe tua.

Dan ... sekian cerita banjir dari gue yang langsung sebagai korbannya, kalo ada salah-salah kata ya mohon maaf, dan kalo ada bener-bener kata yaudahlah biarin aja. Oiya lupa pada akhirnya bener prediksi gue sebelumnya air bener-bener surut pas malamnya, tapi gue baru bisa mulangin motor gue itu jam 2 pagi karena ketiduran #GakPenting

Terakhir ini gue mau kasih temuan gue, ikan air keruh spesies baru:


Hahaha.. oke bye-bye ~

Kecup Basah,

CHNDW

7 comments:

  1. hahaha gue sebernya turut berduka can, tapi kalo ngebayangin lucu juga kayaknya. :P

    ReplyDelete
  2. senasib donk qta. gw jg tinggal di ciledug indah...

    ReplyDelete
  3. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Hahahhaa kok gue ga inget ya pernah banjir di tahun 2012

    ReplyDelete
  5. Permisi.
    Mas tinggalnya di Ciledug Indah 2 ya, dari orok tinggal di sana ?
    Kalau boleh dan berkenan, bisa saya minta kontaknya, Mas ? E-mail juga ngga masalah. Soalnya ada yang mau saya tanyakeun mengenai salah seorang warga Ciledug Indah 2, doi teman lama, lost contact, terus saya lupa nama lengkapnya, lupa juga nama jalan dia tinggal di Ciledug Indah 2, lupa juga sekolahnya dulu, maklum dulu sama dia banyak kenangan pahit makanya banyak yang lupa. Eh maaf saya malah curhat. Tenang aja, saya ngga modusin Mas kok, saya sudah punya cem2an ~
    Mohon banget responnya ya, Mas. Haturnuhun pisan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya tinggal di Ciledug Indah 2, dari orok saya masih tinggal di perut mama saya. Saya berniat membantu walau saya tidak yakin bisa banyak membantu atau enggak karena saya bukan petugas sensus di Ciledug Indah 2. Sila kontak ke chndw15@gmail.com Thanks :)

      Delete

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour