Tulis Apa yang Mau Kamu Tulis

Menulis itu udah jadi hobi gue dari kecil, dari SD kelas 3 gue paling suka mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam sesi pelajaran mengarang. Ketika temen-temen gue pada bingung harus mengarang apa gue udah mulai menuliskan cerita di buku tugas gue, dan ketika temen-temen gue mulai menulis sampe akhirnya selesai gue masih sibuk nulis bahkan gue gak keluar kelas waktu jam istirahat. Ga diragukan lagi gue dapet nilai tertinggi di sesi pelajarang mengarang, dan guru bahasa Indonesia gue yang juga menjabat sebagai wali kelas gue melaporkan hal tersebut ke nyokap gue waktu pengambilan rapot, nyokap sumringah ngeliat bakat anaknya ini dan dia langsung mengikut sertakan gue ke kompetisi mengarang lokal, tapi sayang seribu sayang gue ga menang bahkan jauh dari kata menang karena gue mengundurkan diri, gue gak percaya diri tulisan gue dilombakan, lagi pula gue ga bisa menulis karena adanya paksaan, dan nyokap ngerasa malu karena gue gak sesuai dengan expetasinya.


Akhirnya nyokap melupakan hobi gue itu, dia gak pernah tau kalo gue masih tetap menulis, hampir setiap beberapa minggu gue selalu membeli buku baru di warung sekolah gue cuman untuk nulis cerita. Kelas 5 SD gue ketemu sama seorang anak yang juga suka mengarang cerita, hanya saja dia lebih suka membuatnya dalam bentuk komik acakadut (asal-asalan), tapi gue ngerasa klop sama dia ketika gue menuliskan sebuah cerita dia suka membuat ilustrasinya dalam bentuk gambar, tapi itu hanya bertahan sampai kelas 5 gue berakhir. Ketika gue naik ke kelas 6 SD gue gak pernah lagi menulis, gue terlalu sibuk bermain sama temen-temen gue yang dimana gue dan mereka semua mulai beranjak ke masa remaja. Kelas 1 SMP gue mulai lagi menulis, tapi gak lagi menulis cerita melainkan lebih menuliskan tentang apa yang gue pikirkan baik itu kejadian, kegiatan, bahkan khayalan-khayalan gue, kalo dibilang diary yaaa boleh juga lah.

Gue tetep menulis sampai SMA, tapi di masa SMA ini gue ga cuma menulis cerita melainkan gue juga suka menulis prosa dengan kata-kata layaknya pujangga, entah apa yang bikin gue jadi terlalu unyu seperti itu tapi dari menulis prosa ini gue bisa dapet pacar waktu SMA, keren ya hahaha... Sampai gue lulus dari SMA kegiatan tersembunyi gue masih saja gue lakukan, menulis cerita, menulis prosa tanpa ada satu orang pun tau bahkan orang rumah sekalipun. Kuliah gue mulai menulis cerpen yang gue adopsi dari cerita-cerita nyata temen-temen gue, kalo gak salah cerpen pertama gue waktu itu gue bikin dari cerita temen gue yang masih SMP, gue lupa judulnya bahkan gue lupa jalan ceritanya, waktu itu sempet juga gue bikin satu blog yang emang niatnya khusus gue taro cerpen-cerpen gue, tapi ternyata susah cari orang yang mau ceritanya dibikin jadi cerpen, akhirnya gue hapus gitu aja blog tersebut dan gue lupa simpen cerpen yang pernah gue bikin itu makanya hilang sampe sekarang.

Akhirnya bener-bener gak ada yang tau kalo gue ini suka nulis cerpen, karena cerpen yang gue bikin cuman gue simpen di folder komputer gue, akhirnya sekitar 20 lebih cerpen itu hilang karena komputer gue terserang virus. Gue frustasi, kesel, dan ngerasa hidup ini gak adil *sayat-sayat tangan* gue mulai membuatnya kembali dari awal, tapi gue berpikir gimana caranya supaya cerpen-cerpen gue ini gak cuman jadi setumpuk draft di PC gue, kepikiran untuk mengirimkan cerpen-cerpen gue ini ke majalah supaya di terbitin dan bisa dibaca sama orang lain, tapi gue gak pede untuk itu. Gue terpikir lagi menggunakan media blog tapi lagi-lagi gue takut blog gue cuman akan jadi sampah di dunia maya, namun hal tersebut akhirnya gak gue peduliin, di semester 3 masa kuliah gue akhirnya gue mulai meluncurkan sebuah laman blog yang akan berisi tentang cerpen-cerpen yang gue bikin, awal mulanya blog tersebut beralamat di chandradwi.blogspot.com dengan blog personal gue yaitu chandcut.blogspot.com namun kemudian gue mengganti domainnya menjadi bercelana.blogspot.com masih dengan blog personal gue chandcut.blogspot, karena menurut gue domain itu gak nyambung buat blog yang berisi cerpen gue pun menggantinya lagi menjadi yang sekarang yakni storyground.blogspot.com ya dan gue berharap domain ini akan bertahan sampai kapanpun.

Setelah beberapa cerpen gue tampilin dan gue promosikan supaya banyak yang baca hasil karya gue, ternyata cukup mendapatkan sambutan yang positif, sampe-sampe ada yang saranin kalo sebaiknya cerpen gue itu di kirim ke majalah supaya di muat, tapi entah kenapa gue gak bisa karena pas gue liat syarat cerpen yang boleh dikirim ke majalah itu bener-bener cerpen yang maksimal cuman 2 lembar majalah, sedangkan setiap gue bikin cerpen itu bisa sampe belasan halaman, pernah coba untuk bikin 2 lembar tapi kayaknya ceritanya ngentang banget, nah karena gue kalo nulis cerpen itu panjang banyak juga yang nyuruh gue buat bikin novel aja sekalian, lagi-lagi masalah gue dapetin, karena gue kalo nulis itu suka lupa sama apa yang gue tulis, sedangkan nulis novel itu ga cukup 20 halaman, butuh paling gak 75 halaman, kalo gue udah sampe di halaman yang ke 50 terus gue lupa sama apa yang lagi gue tulis masa iya gue disuruh baca lagi dari awal sampe halaman 50? makan waktu, makan tenaga banget, makanya gue gak pernah coba bikin novel. Ada saran lagi dari temen-temen gue, kalo gitu bikin kumpulan cerpen jadi satu buku, wah ini ide bagus sampe-sampe bikin gue makin semangat bikin cerpen, tapi gue bingung mau dikasih judul apa buku gue itu karena cerpen yang gue bikin gak pernah punya tema yang sejalan, jadi gue urungkan dulu niat gue itu, tapi suatu saat itu pasti bakalan gue lakuin.

Beberapa lama keluarga gue ga ada yang tau hobi menulis gue itu, cuman adek gue dan kakak sepupu gue yang tau hobi gue, bahkan kakak sepupu gue termasuk salah satu penikmat cerpen ataupun blog personal gue hahaha.. Sampe akhirnya Desember tahun 2011 itu adalah  titik dimana nyokap dan bokap gue tercengang tak berdaya, ketika dia tau gue ikutan lomba dan harus menjalani fieldtrip ke pulau dewata Bali, Indonesia bersama 9 orang lainnya. Lomba yang diadain sama Vivanews.com yang kini berganti image menjadi viva.co.id melalui kanal blog log.viva.co.id itu sukses menjungkir balikkan pandangan nyokap ke gue, awalnya dia selalu mikir tiap gue didepan laptop kerjaan gue cuman main game dan online facebook tanpa dia ketahui gue pun produktif menulis. Ya walaupun ga menang secara seremonial seenggaknya gue udah menang secara pribadi karena udah berhasil membuktikan diri ke nyokap gue, not bad lah. Karena nyokap atau bokap udah tau kegiatan menulis gue itu jadi sekarang kalo gue belom tidur diatas jam 1 pagi mereka gak akan lagi ngomel, ngedumel, marah-marah, bahkan murka sama gue karena mereka pasti berpikir kalo gue lagi nulis, ya kadang pikiran mereka itu bener tapi kadang juga gak bener karena gak setiap malem gue begadang karena gue lagi nulis, bisa aja karena gue lagi main game hahaha.

Setelah itu nyokap sering bilang sama gue "kalo emang suka nulis maka nulis lah kamu! tapi jangan jadiin hobi nulis kamu itu sebagai pekerjaan tetap, cukup jadi side job aja, karena yang namanya karya seni yang dijadiin pekerjaan tetap namanya bukan karya seni lagi tapi jadi seni komersil, dan hasil dari seni komersil itu gak akan sebagus atau seindah karya seni." awalnya gue gak ngerti dan gak peduli sama kata-kata nyokap gue itu, tapi akhirnya gue sekarang ngerti. Dari yang gue tangkep itu maksudnya kalo hasil karya kita dijadiin komersil kita harus berpikir tentang orang lain, karena kita jadi takut, selalu ada pikiran akan diterima atau gak karya kita? akan laku atau gak? bisa menghasilkan apa karya kita ini buat kita? karya kita gak akan jadi karya yang berani, gak akan jadi karya yang jujur. Itu menurut gue, gak tau orang lain mengartikannya kayak gimana.

Karena itulah gue gak pernah jadiin karya gue sebagai seni komersil, gue cuma mau nulis apa yang ada dipikiran gue, gue tulis apa yang mau gue tulis.

I Wrote Something What I Think ~

Salam menulis

CHNDW  

5 comments:

  1. wah setuju banget, tulis apa yang mau kamu tulis.
    dan aku suka dengan kata-kata, seni komersil nggak akan sebagus karya seni.
    hidup menulis :)

    ReplyDelete
  2. Curhat plus ngasih motivasi buat orang yang takut nulis mas :p

    ReplyDelete

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour