Jafunisun, Rilis Single Ramadhan

Setiap bulan puasa atau bulan ramadhan tiba, sudah menjadi rahasia umum kalau mendadak banyak individu-individu maupun kelompok-kelompok yang menjadi religius, masjid jadi sangat ramai, kotak amal-pun lebih cepat penuh, bahkan torrent air di masjid jadi cepat habis. Orang-orang benar-benar serius beribadah di bulan ramadhan, berlomba-lomba mengumpulkan pahala dibulan suci yang penuh berkah.

Artis-artis di televisi juga bermunculan dengan penampilan yang berbeda, mereka tampi lebih tertutup, tampil lebih muslim atau muslimah meskipun masih juga memperlihatkan lekukan tubuh yang yaa bisa dibilang lumayan lah buat pemandangan gue sebagai laki-laki sih hahaha, tapi yang jelas berbeda banget dengan penampilan mereka di luar bulan ramadhan yang gak perlu gue jelaskan disini.

Seakan gak mau ketinggalan, band-band yang digandrungi anak muda ataupun orang tua juga hampir gak pernah absen menelurkan single atau bahkan album religi. Yang biasanya mereka merilis single atau album tentang cinta terhadap wanita/pria, tentang kemarahan mereka terhadap kehidupan, dibulan ramadhan mereka langsung merubah kiblat mereka semuanya ke Mekah, di VC mereka tampak lebih kalem dengan kostum islami yang gak lama kemudian kostum itu jadi trend pas lebaran.


Yaah, kita mau berkata apa lagi? Sudah jadi seperti budaya di industri musik hal-hal seperti itu. Alasannya? ya jelas meraup keuntungan di pasaran musik, itulah keadaannya kalo musik gak lagi dijadikan sebagai tombak seni tapi tombak penghasilan. Mereka band yang ada didalam label mau gak mau terus mengikuti pasar supaya bisa terus eksis dan bisa terus disponsori oleh label mereka tersebut. Jelas berbeda dengan band yang berstatus indie, mereka bebas, mereka tanpa ikatan, gak harus mengeluarkan lagu reliji karena tuntutan label, tapi kalopun mereka ingin mengeluarkan lagu reliji ya suka-suka mereka.

Ada satu band indie yang di bulan puasa kemarin ikut menelurkan sebuah single "reliji" kenapa gue kasih tanda petik? karena gue sendiri bahkan mungkin si empunya lagu itu sendiri ga yakin kalau yang mereka rilis itu adalah lagu reliji hahaha, ya wong judulnya aja "Insha Allah Lagu Reliji". Ada yang pernah denger nama band JAFUNISUN? kalo belom pernah ya gak masalah sih, mereka bukan band yang sering tampil di televisi acara musik pagi-pagi. Tapi buat para pembaca blog gue pasti udah pernah denger nama band tersebut karena udah pernah gue bahas di blog gue ini, buat yang belom tau boleh mampir coba kesini (click)

Yes, Jafunisun sebuah band asal Tangerang yang beraliran japanese rock dengan ciri khas liriknya yang menggunakan bahasa sunda ini pada tahun 1434 Hijriyah menumpahkan kreatifitas mereka dengan mengeluarkan sebuah single yang berjudul "Insha Allah Lagu Reliji". Sebuah lagu yang sangat unik menurut gue, berbeda dengan band-band lain yang sengaja menciptakan lagu reliji bertemakan islami, lagu dari Jafunisun ini terkesan lebih universal dari liriknya. Lagu ini membahas budaya-budaya yang biasanya emang ada saat bulan ramadhan, seperti kata-kata "lebaran sebentar lagi." atau mudik bertemu dengan keluarga, bahkan dalam liriknya, Jafunisun agak sedikit menyindir kenyataan yang memang ada dibulan ramadhan yaitu "Di sasih iyeu, sasih ramadhan. Lagu reliji meuni seer pisan, sanaos lagu na raoseun pisan, angeur adzan magrib nu diantosan." (Di bulan ramadhan, lagu reliji sangat banyak sekali, walaupun lagunya enak-enak sekali, tetap adzan magrib yang ditunggu-tunggu.) hahaha, coba deh dipikirin bener gak apa yang dikatakan lirik tersebut?

Dari segi video clip, masih sama dengan konsep yang mohon maaf izinkan gue sebut simple tapi bodor tapi lucu ala Jafunisun, tetep konsisten di setiap video clip mereka yang turut menyertakan newssticker  ngaco dibagian bawah, dan scene yang menghibur. Para personil juga tampak semua di video clip ini, gue juga baru tau kalo ada perubahan formasi di band ini, semoga gue bisa dapet info-nya jadi gue punya bahan lagi buat posting blog haha.

Sebenernya daripada capek ngebacain tulisan gue mendingan langsung pada liat aja deh video clip Insha Allah Lagu Reliji dari Jafunisun.

Pidio Kelif "Insha Allah Lagu Reliji":
Lirik:

Di sasih iyeu. Ramadhan nu suci.
Karaos boboran sakedap deui.
Kabayang mulih ka lembur, mendakan Rerencangan jeung kulawargi.

Di sasih iyeu. Sasih Ramadhan.
Lagu reliji mani seer pisan.
Sanaos lagu na raoseun pisan.
Angeur adzan magrib nu diantosan.

Lagu reliji sasih shaum iyeu. Mugi tahun payun tiasa kaanggo deui.
Pami teu ka anggo deui ge wios ngadamel deui.
Insya Allah lagu reliji.
Gimana menurut kalian video clip dan lagunya? seru kan? namanya juga jaFUNisun.

1 comment:

  1. sayang baru tahu ada vidklip ini setelah Ramadhan lewat. newssticker-nya teuteup kocak seperti biasa XD
    *sori numpang lewat

    ReplyDelete

Thank's for your comments

 
CHNDW Blog © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour